home ×
Lifestyle

3 Cara Agar Tubuh Tetap Fit Meski Begadang di Malam Tahun Baru

31 December 2018 By
3 Cara Agar Tubuh Tetap Fit Meski Begadang di Malam Tahun Baru
Kumparan

Menyambut pergantian tahun seringkali dirayakan dengan pesta kembang api, makan bersama, atau menikmati hiburan musik dan lain-lain. Berbagai kegiatan tersebut pun membuat diri akan terjaga hingga dini hari. 

Dari segi medis, begadang jelas tidak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, diperlukan berbagai kiat tersendiri untuk menjaga tubuh tetap fit meskipun Anda terjaga sepanjang malam perayaan tahun baru.

Berikut kumparanSTYLE rangkum tiga cara sederhana yang dapat Anda lakukan. Apa saja?

1. Istirahat yang cukup sebelum begadang

Tidur yang cukup di malam sebelum Anda memutuskan untuk begadang adalah langkah yang tepat guna mengistirahatkan tubuh agar siap terjaga sepanjang malam. Selain itu yang paling penting adalah jangan begadang pada malam sebelumnya.

Usai begadang pun, usahakan untuk mengistirahatkan tubuh. Tidur sekitar 6 hingga 7 jam penting dilakukan agar Anda tetap fit dan tidak jatuh sakit.

2. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang

Pastikan Anda tidak melewatkan waktu untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Untuk sarapan Anda bisa mengkonsumi berbagai makanan yang kaya akan protein tanpa lemak seperti ikan, daging ayam tanpa kulit, kacang-kacangan dan lain-lain. Sertakan pula beberapa buah dan sayuran dalam menu sarapan Anda.

Untuk makan siang, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang lebih 'berat' untuk membantu tubuh menghasilkan energi saat tubuh terjaga sepanjang malam. Sedangkan untuk menu malam hari, sebaiknya hindari makanan yang berminyak karena hanya akan membuat perut Anda menjadi kembung dan terasa penuh. Hindari makanan berkafein dan manis, karena ketika mengonsumi kedua makanan tesebut dalam jumlah banyak hanya akan membuat tubuh ingin cepat beristirahat.

3. Jangan terlalu banyak konsumsi kafein

Bagi Anda yang ingin terjaga sepanjang malam, mengkonsumsi kopi tentu dapat menjadi pilihan opsi yang tepat. Namun, baiknya jangan minum kopi tengah malam dengan asumsi agar diri tetap terjaga. 

Idealnya meminum kopi sebelum pesta tahun baru dimulai pada pukul tujuh atau delapan malam. Agar setelah pesta Anda dapat langsung pergi tidur. 

Selain itu Anda juga bisa menyertainya dengan berbagai camilan yang dapat menjaga tubuh tetap fit sepanjang malam. Misalnya seperti kudapan wortel, pisang, apel hingga kacang-kacangan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1121 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 29 October 2019 | 09:46:21

cara tindik wajib kita lakukan pada tahun baru

Muhammad Andi 08 February 2019 | 14:09:25

tidur dengan cukup itu bakalan bikin badan Fit

Adam Al Muhammad 04 February 2019 | 00:59:45

tidur dulu sebelum begadang mantap cuy

Shabri Hananta 20 January 2019 | 22:08:21

di tahun baru kemaren nggak menyenangkan lah

Nanda Mutuah 16 January 2019 | 01:42:05

menyambut pergantian tahu seringkali dirayakan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article