3 Hal Penentu Mood, Nomer Dua Nggak Bisa Ditawar Lagi

01 August 2017 by
3 Hal Penentu Mood, Nomer Dua Nggak Bisa Ditawar Lagi

Kita semua paham bahwa produktivitas bisa meningkat tajam bila mood berkerja sedang muncul. Oleh karenanya, dalam konteks itu, mengetahui cara mengendalikan suasana hati agar dalam mood bagus sangat penting.

Menurut Kasandra Putranto, psikolog dari Psychological Practice Kasandra & Associates, langkah awal yang perlu diketahui adalah tiga hal dasar yang menentukan mood. Bila mana seseorang ingin bisa menjaga mood-nya dalam kondisi bagus, mereka harus menjaga tiga hal ini.

Nah, apa sajakah itu? Berikut ulasang menariknya.

>> Kondisi fisik.
Walaupun mood identik dengan faktor kejiwaan, tapi hal itu tak bisa dilepaskan dari kondisi fisik Anda. Itu tampak saat Anda merasa lelah secara fisik, maka mood Anda akan cenderung menurun. Kondisi fisik yang menurun, entah karena kurang tidur, malnutrisi, atau kegiatan berlebih, akan memengaruhi level hormonal tubuh.

Saran Kasandra:
Miliki kualitas fisik yang baik. Caranya adalah dengan memiliki kualitas tidur yang baik, pola makan yang teratur, dan menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jika ketiga poin ini telah terlatih dengan baik, Anda akan memiliki badan yang prima untuk beraktivitas dan berolahraga sehingga dapat menjalani sesuatu atau pekerjaan dengan semangat.

>>
Keadaan Pikiran.
Mood yang baik tak bisa dilepaskan dari keadaan pikiran yang positif. Itu bukan datang dengan sendirinya, melainkan dilatih atau dibiasakan. Jika seseorang terbiasa melihat suatu hal dengan prespektif positif, maka mood-nya pun akan cenderung positif.

Saran Kasandra:

Untuk membangun mood yang baik harus dibiasakan untuk melatih otak untuk dapat merasakan rasa senang. Anda harus berlatih bagaimana mengelola suatu hambatan dengan positif dan senang. Kuncinya ialah pikiran Anda harus “di atas” mood atau mind over mood. Artinya, pikiran Andalah pengendali mood. Jangan sampai terbalik. Jika terbalik, Anda akan cenderung malas untuk melakukan segala sesuatu.
 

>> Kualitas aktivitas.
Perilaku atau aktivitas sehari-hari memang dipengaruhi oleh kondisi pikiran. Tapi, hal itu juga bisa berlaku sebaliknya. Rutinitas sehat yang terjadwal secara teratur juga dapat menentukan mood Anda. Contoh yang paling jelas adalah aktivitas olahraga dan beribadah.

Saran Kasandra:

Ketika seseorang memiliki gangguan mood, dapat dipastikan ia memiliki kebiasaan yang kurang baik. Jika itu terjadi, Anda harus segera mengubahnya dengan aktivitas lain. Contohnya, Anda bisa membiasakan diri untuk bangun pagi, sarapan, dan berolahraga. Kebiasaan itu akan dengan sendiri membuat mood Anda relatif segar sepanjang hari.

mood moody 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

129 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Dara Kkalam 01 May 2019 | 18:52:58

semua tergantung amal dan ibadah mading

Samsul Adam 25 April 2019 | 10:24:01

tergantung kondisi badannya bakalan mood gak

Dilun Dilun 20 April 2019 | 12:52:24

tergantung kondisi badannya bakalan mood gak

rama pratama 20 April 2019 | 09:38:00

emang kalo lagi punya banyak pikiran bikin nggak mood

Muhammad Fikray 19 April 2019 | 03:23:23

udah pasti kalau nmr dua mah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top