3 Hal yang Menuntun Mahasiswa Sukses Saat Kuliah Menurut Riset

01 January 2019 by
3 Hal yang Menuntun Mahasiswa Sukses Saat Kuliah Menurut Riset

Setiap mahasiswa pasti ingin sukses saat menjalani kehidupan kuliah di kampus. Kesuksesan kuliah itu di antaranya bisa ditakar dengan memiliki nilai yang baik, rajin kuliah, dan pada akhirnya menyelesaikan studi sampai rampung/lulus.

Ketiga hal itu juga menjadi takaran sukses bagi peneliti di Rice University, Amerika Serikat, yang ingin mengetahui faktor penentu sukses mahasiswa saat kuliah. Mereka membuat penelitian berjudul “Supporting Students’ College Success: The Role of Assessment of Interpersonal and Intrapersonal Competencies”.

Penelitian yang dipublikasikan oleh National Academies of Sciences itu mengulas 49 artikel akademik di mana di dalamnya terdapat 61 studi eksperimen terhadap mahasiswa. Dari ulasan penelitian tersebut, ditemukan tiga hal yang secara konsisten menuntun mahasiswa sukses saat kuliah. Apa saja?

1. Punya rasa memiliki

Maksudnya adalah mahasiswa harus punya rasa memiliki terhadap komunitas akademik yang menaunginya. Dalam hal ini adalah komunitas kampus dengan segala aktivitas, hiruk pikuk, dan budaya yang ada di dalamnya.

Menurut penelitian ini, rasa memiliki mahasiswa bisa diukur dengan 3 pertanyaan. Apakah kamu punya rasa memiliki terhadap kampus? Apakah kamu merasa menjadi anggota di komunitas kampus? Apakah kamu menganggap dirimu sebagai bagian dari komunitas kampus? Kalau tidak, berarti kamu terasing di kampus sendiri.

2. Memiliki pemikiran yang berkembang

Kalau ingin sukses, mahasiswa harus menganggap bahwa semua pemikiran yang ada di otaknya bukanlah sesuatu yang bersifat tetap atau stagnan. Kamu harus membuka pemikiranmu seluas mungkin untuk belajar hal-hal baru saat kuliah.

Sebanyak 75 persen penelitian yang diulas dalam riset ini menunjukkan adanya dampak positif memiliki pemikiran berkembang saat kuliah. Salah satunya adalah membaiknya IPK yang didapat mahasiswa.

3. Adanya tujuan yang ingin dicapai

Mengapa pada akhirnya kamu duduk di bangku kuliah dan enggak langsung bekerja setelah lulus SMA/SMK? Sebaiknya, jawabannya adalah karena kamu ingin mencapai suatu hal dengan kuliah. Bukan karena dipaksa atau ikut-ikutan tren saja.

Sekitar 83 persen dari studi yang diulas dalam riset ini menunjukkan tujuan yang ingin dicapai mahasiswa berdampak positif. Terutama pada nilai akhir mereka.

Kalau ingin sukses di kampus, mahasiswa wajib menerapkan tiga hal ini, ya. Selamat mencoba!

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
88%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
13%

Sedih

Angry
0%

Marah

2164 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
roti 25 February 2019 | 19:15:15

kuliah perlu bos untuk wawasan ilmu

Tel Pom 25 February 2019 | 08:57:17

kuliah perlu bos untuk wawasan ilmu

Muhammad Latif 18 February 2019 | 13:20:27

sangat bermanfaat dan bisa menjadi referensi

Imeme 1 17 February 2019 | 07:14:09

iya mahasiswa jg harus punya tujuan

St Aisya 08 February 2019 | 14:11:17

mahasiswa itu harus punya tujuan

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top