3 Rahasia di Balik Patung John Harvard, Ikon Harvard University

11 March 2019 by
3 Rahasia di Balik Patung John Harvard, Ikon Harvard University

Harvard University merupakan salah satu universitas favorit dan bergengsi di dunia. Meski merupakan tempat mencari ilmu, Harvard kerap dikunjungi turis untuk berwisata. Salah satu spot foto yang sering diincar ialah patung John Harvard yang berada di dekat kantor University Hall. Konon, jika pengunjung menggosok atau menyentuh kaki kiri patung John Harvard, maka ia akan mendapat keberuntungan.

Meski begitu, patung yang dikenal sebagai ikon Harvard University, ternyata menyimpan rahasia. Dilansir dari Guideku.com, inilah tiga kebohongan patung John Harvard

Patung itu bukan John Harvard
Perlu diketahui, patung John Harvard baru dibuat pada tahun 1884. Sialnya, para pembuat patung di tahun itu sama sekali tidak punya gambaran tentang rupa John Harvard. Malah, tidak ada yang tahu bagaimana wajah John Harvard sebenarnya.

Sebagai gantinya, seorang mahasiswa bernama Sherman Hoar pun digunakan sebagai modelnya. Selain itu, para pemahat patung pun membuat patung John Harvard ini dengan pose yang merepresentasikan nilai-nilai Harvard University.

John Harvard bukan pendiri Harvard University
Di patung perunggu John Harvard, terdapat tulisan "JOHN HARVARD. FOUNDER. 1638." Padahal, John Harvard sebenarnya bukanlah pendiri dari Harvard University.

Universitas Harvard sendiri didirikan oleh pemerintah, sementara John Harvard yang asli bahkan tidak pernah bersekolah di sana. Alih-alih, John Harvard dikenal karena dirinya mewariskan kekayaan dan isi perpustakaannya ke universitas. Hal inilah yang membuat nama universitas tersebut diganti menjadi Harvard University.

Harvard tidak didirikan tahun 1638
Seperti yang disebutkan di atas, John Harvard memberikan sumbangan besar ke universitas pada tahun 1638. Tahun itulah yang tercantum di ukiran patung. Padahal, faktanya Harvard University tidak berdiri di tahun 1638. Alih-alih, univeristas ini berdiri tahun 1636 dan merupakan salah satu institusi perguruan tinggi tertua di Amerika. (Amertiya Saraswati)

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

178 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Handika Putra 14 March 2019 | 16:58:17

wahh patung nya tampan sekali

Den Ridwan 14 March 2019 | 13:37:41

wadaw usia Harvard University ini bahkan lebih tua daripada Negara kita Indonesia

M Ridwan Saputra 14 March 2019 | 06:22:07

jadi ternyata begitu ya, itu patung bukan bapak saya ya

Luthfi Khairul anaam 13 March 2019 | 19:30:26

halo, perkenalkan nama saya Luthfikhairulanaam salam kenal.

Luthfi Khairul anaam 13 March 2019 | 19:29:26

aku takuuuut heeeee

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top