home ×
Lifestyle

5 Pertanyaan Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

21 June 2017 By
5 Pertanyaan Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya
Suara

Seringkali kita merasa gugup saat menghadapi sesi wawancara kerja. Meskipun Anda tidak bisa memprediksi setiap pertanyaan yang akan Anda tanyakan terutama beberapa dari orang-orang asing ada banyak pertanyaan yang akan ditanyakan dalam kebanyakan wawancara yang Anda lakukan.

Jadi, untuk membantu Anda mempersiapkan wawancara kerja berikutnya, berikut lima pertanyaan umum dan beberapa tips tentang cara terbaik untuk menjawabnya:

1. Ceritakan tentang diri Anda?

Pertanyaan "ceritakan tentang diri sendiri" sering diajukan sebagai pertanyaan pertama dalam sebuah wawancara sebagai pemecah kebekuan. Meski terkesan sederhana,  jika tidak ditangani dengan benar, bisa jadi menjadi bencana.

Pertanyaan ini bukanlah kesempatan untuk memberi tahu pewawancara keseluruhan kisah hidup, riwayat keluarga atau daftar panjang suka dan tidak suka. Yang harus Anda lakukan adalah membicarakan beberapa hal yang relevan dengan pekerjaan seperti bagaimana Anda berada dalam karier Anda saat ini, keahlian dan hasrat Anda terhadap pekerjaan Anda. Jika pewawancara menginginkan lebih banyak informasi, mereka akan memintanya.

Untuk membantu Anda mempersiapkannya, tuliskan jawaban singkat dua menit untuk pertanyaan ini dan kemudian berlatih dengan keras sampai Anda mengetahuinya dengan hati. Anda akan membuat kesan pertama yang hebat.

2. Mengapa Anda tertarik untuk bekerja untuk organisasi ini?

Pertanyaan ini mengetahui apakah Anda akan menerima pekerjaan jika ditawarkan kepada Anda dan berapa lama Anda akan bertahan.

Meskipun mungkin terdengar seperti sebuah kesempatan untuk membicarakan diri Anda sendiri, sebenarnya ini saatnya menunjukkan kepada calon atasan Anda seberapa banyak Anda mengenalnya.

Dengan pemikiran ini, mengungkapkan semangat dan kegembiraan Anda untuk bekerja dalam organisasi khusus ini adalah suatu keharusan. Hindari jawaban samar seperti 'sepertinya tempat yang bagus untuk bekerja', dan spesifikasinya.

Lakukan penelitian Anda sehingga Anda akan tahu tentang berbagai proyek yang melibatkan organisasi, siapa klien mereka dan rencana mereka untuk masa depan.

3. Apa kelemahan Anda?

Bagian tersulit dari jawaban pertanyaan ini sebenarnya adalah mengidentifikasi kelemahan Anda dan bagaimana Anda akan mengatasinya. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan jawaban yang bagus:

Cantumkan tiga kelemahan Anda. Jika Anda bingung menjawabnya, ingatlah pekerjaan Anda sebelumnya atau waktu Anda sebagai siswa dan pikirkan tentang tugas yang benar-benar tidak Anda sukai ini adalah indikator bagus tentang potensi kelemahan.

Tuliskan "mengapa" Anda pikir mereka adalah kelemahan dan mengapa penting bagi Anda untuk mengembangkan keahlian Anda di bidang tersebut.

Pikirkan tiga contoh dari apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

Tidak perlu mencoba dan menghindari jawaban jujur untuk pertanyaan ini. Hal yang paling penting adalah menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda dapat menjadi refleksi diri dan Anda dapat mengidentifikasi masalah dan mengatasinya bukan berarti Anda adalah manusia sempurna tanpa kelemahan.

4. Jelaskan situasi di mana Anda memecahkan masalah

Untuk menjawab pertanyaa ini, pilihlah contoh terbaru yang memiliki relevansi sebanyak mungkin untuk pekerjaan yang Anda lamar.

Anda bisa menggunakan Teknik STAR untuk menjawabnya. Begini cara kerjanya:
1. Kenali apa masalah yang perlu dipecahkan
2. Kemudian jelaskan apa peran Anda dalam memecahkan masalah, termasuk langkah-langkah yang Anda ambil dan akhirnya, apa akibat tindakan yang Anda ambil.
3. Dengan menjawabnya secara fokus, ini akan membuktikan bahwa Anda dapat memberikan hasil yang sukses dalam setiap tugas yang diberikan.

5.Apakah ada pertanyaan?

Bila Anda ditanya apakah Anda memiliki pertanyaan, ini adalah kesempatan fantastis untuk membangun hubungan baik dengan mereka, mengungkapkan antusiasme Anda terhadap peran tersebut, menunjukkan bahwa Anda telah melakukan penelitian dan sama pentingnya kesempatan bagi Anda untuk memastikan peran adalah cocok untuk Anda.

Tidak ada pertanyaan yang tepat untuk diajukan, tapi ada baiknya untuk memiliki minimal 2 atau 3.

Beberapa pertanyaan yang mungkin ingin Anda tanyakan meliputi:
- "Apa tantangan utama yang dihadapi organisasi saat ini?"
- "Dari mana Anda melihat organisasi berjalan dalam lima tahun ke depan?"
- "Bisakah Anda memberi tahu saya tentang tim orang yang akan saya tangani?"

Kuncinya adalah menjadi tulus dengan pertanyaan Anda dan jangan sampai terdengar terlalu dilatih.

Published by
 

 

Berita Terkait:

6 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ahmad Salman 04 October 2019 | 08:29:54

kadang gugup juga yah hmm begitu ya

Suwar No 30 September 2019 | 07:35:46

mukin kita jawab dengan cara sopan itu baik

Garena Asu 29 September 2019 | 22:54:34

tips yang patut di contoj

vhi 22 September 2019 | 07:50:25

kadang gugup juga yahh hmm begitu ya

arman elektro 16 December 2018 | 08:42:41

baguslah kalah ada tang di jawab

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article