5 Tips Mengatasi Homesick Saat Menjadi Mahasiswa Perantauan

14 November 2018 by
5 Tips Mengatasi Homesick Saat Menjadi Mahasiswa Perantauan

Tidak dapat dipungkiri, fenomena kangen rumah (homesick) bisa menjangkiti kamu mahasiswa yang kuliah di perantauan. Kalau dibiarkan, bisa-bisa kamu jadi tak betah menjalani kegiatan perkuliahan di kampus dan selalu ingin balik ke rumah.

Nah, buat kamu yang mulai merasakan homesick tak usah gamang. Merangkum dari Save the Student, kamu bisa mengatasinya dengan lima tips berikut.

1. Hindari berdiam diri di kamar indekos

Meskipun kamu merasa nyaman dengan kamarmu, berdiam diri di sana hanya akan membuatmu lebih kesepian dan kangen rumah. Carilah aktivitas sebanyak mungkin seperti nongkrong dengan teman atau traveling ketika liburan agar kamu tak jenuh berada di kamar indekos.

2. Bawalah sesuatu yang kamu anggap mewakili rumah

Membawa boneka favorit atau bantal yang kamu biasa gunakan di rumah bisa meredakan kangenmu terhadap rumah. Jadi ketika hendak tidur, kamu seolah tidak merasakan kalau kamu sedang tidur di tempat yang jauh dari rumah karena barang-barang kesayanganmu selalu menemanimu.

3. Cerita kepada teman

Jangan malu bercerita kepada teman kalau kamu sedang merasa homesick. Kamu juga bisa memanfaatkan paguyuban dari mahasiswa sedaerah yang kuliah di kampusmu. Berbagilah tentang keluh kesahmu di sana karena mereka semua adalah mahasiswa yang bisa jadi bernasib sama denganmu.

4. Jelajahi kegiatan yang ada di kampus

Ada banyak organisasi, kepanitiaan, dan unit kegiatan mahasiswa di kampus yang bisa kamu ikuti. Kalau kamu merasa nyaman dengan kegiatan tersebut, kamu bakal lupa kalau sebenarnya kamu sedang kangen rumah. Siapa tahu banyak teman baru yang bisa kamu kenal di sana.

5. Berkabar dengan orang rumah

Cara paling ampuh untuk menghilangkan rindu terhadap rumah adalah berkabar dengan orang-orang rumah. Kamu bisa menelpon secara rutin dan menanyakan kabar orangtua atau adik-adikmu. Namun jangan terlalu sering karena kalau begitu kamu malah akan semakin ingin balik ke rumah.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

882 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andreas January 15 February 2019 | 12:15:43

sebenarnya sedang kangen kerumahnya

Azhari Mntap 08 February 2019 | 20:24:06

harus bisa menghemat uang kalau anak perantauan

St Aisya 08 February 2019 | 14:08:08

tips yang bagus untuk diterapkan nih

rahayu 06 February 2019 | 15:11:27

sip deh cocok bgt nih kl gue cobain dirumah keren

Fajri Hidayat 01 February 2019 | 07:31:46

jangan terlalu banyak begadang

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top