Mau Menikah di Luar Negeri? Ini 7 Tips yang Harus Diperhatikan

10 September 2019 by
Mau Menikah di Luar Negeri? Ini 7 Tips yang Harus Diperhatikan

Menikah di luar negeri menjadi impian banyak pasangan. Mereka yang memilih luar negeri sebagai lokasi pernikahan, biasanya sudah mengncar tempat tertentu sebagai hari spesial mereka.

Terkadang, cuaca yang bisa lebih diandalkan untuk menggelar pernikahan sesuai dengan tema pernikahan mereka juga menjadi alasan. Selain itu, di beberapa negara, biaya penikahan mungkin juga jauh lebih murah.

Nah, jika Anda termasuk salah satu dari pasangan yang bermimpi bisa menikah di salah satu negara impian. ada beberapa faktor untuk dipertimbangkan ketika merencanakan hari besar Anda.

Para ahli di MarryAbroad.co.uk membagikan tujuh tips dan hal utama yang perlu Anda pikirkan ketika merencanakan pernikahan di luar negeri. Berikut daftarnya seperti dilansir dari Hello Magazine.

Ilustrasi menikah. (Unsplash/Chin Phm)
Ilustrasi menikah. (Unsplash/Chin Phm)

1. Sediakan cukup waktu untuk mengurus dokumen penting

Pasangan harus memastikan bahwa mereka memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan dokumen pernikahan, yang bisa memakan waktu antara tiga hingga enam bulan tergantung masing-masing negara. Pertimbangkan hal ini saat memesan tempat, dan mulailah mengurus dokumen sesegera mungkin untuk menghindari penundaan yang mungkin memengaruhi hari besar Anda.

2. Umumkan tanggal pernikahan lebih cepat

Pasangan harus mengumumkan tanggal pernikahan sejak jauh-jauh hari. Semakin lama waktu yang diberikan, maka teman dan keluarga lebih leluasa untuk mempersiapkan perjalanan mereka. Mulai dari memesan tiket pesawat hingga menabung. Selain itu, jangan sungkan untuk berbagi rincian tentang maskapai penerbangan yang terbang ke tujuan Anda, dan bahkan hotel yang mungkin bisa mereka tinggali untuk mencegah kebingungan.

3. Carilah upacara pernikahan rgatis

Resor Karibia atau Amerika Utara sering menawarkan upacara pernikahan gratis, jika pasangan menginap selama beberapa malam atau membawa sejumlah tamu.

4. Dengarkan informasi mengenai cuaca

Ketika memilih gaun, pengantin perempuan harus selalu mempertimbangkan cuaca negara tujuan. Gaun pengantin yang berat di pantai tropis dapat membuat pengantin perempuan terlihat tidak nyaman dan kepanasan. Badai atau musim hujan mungkin juga bukan waktu yang ideal untuk pernikahan di luar ruangan, yang khususnya berlaku di Karibia dan Asia Tenggara. Jika Anda lebih fleksibel dalam memilih tanggal, pertimbangkan menikah pada low season ketika tarif hotel lebih baik.

5. Bicaralah dengan maskapai

Sebagian besar maskapai penerbangan memberikan fasilitas tertentu pada pengantin perempuan untuk membawa gaun pengantin mereka sebagai tas tangan, namun mereka perlu menghubungi maskapai secara langsung sebelum memesan. Juga, jika Anda bepergian bersama keluarga, Anda bisa minta tarif perjalanan kelompok untuk menghemat lebih banyak uang. Periksa situs perbandingan pencarian perjalanan untuk menemukan penerbangan terbaik dan paling cocok.

6. Jangan lupakan semua dokumennya

Sebagian besar negara memerlukan dokumen hukum seperti paspor; akta kelahiran lengkap yang menunjukkan nama kedua orangtua. Jika pernah bercerai, surat cerai akhir asli; jika duda atau janda karena pasangan meninggal, sertifikat kematian dari mantan pasangan. Jika pengantin perempuan telah mengubah nama mereka, bukti hukum dari perubahan tersebut. Jika menikah di negara yang tidak berbahasa Inggris maka dokumen mungkin perlu diterjemahkan oleh penerjemah resmi dan distempel dengan apostille.

Dua sertifikat tambahan mungkin juga diperlukan, seperti sertifikat tanpa hambatan untuk menikah yang dapat diperoleh dari departemen luar negeri, pendaftar atau kedutaan besar di negara yang dipilih; sertifikat status lajang atau bersumpah bahwa Anda bebas menikah. Ini mirip dengan sertifikat tanpa hambatan, tetapi Anda harus bersumpah Anda lajang di depan perwakilan hukum seperti pengacara atau notaris.

7. Periksa dan bandingkan mata uang

Saat memilih tujuan negara, pasangan harus memeriksa dan membandingkan nilai tukar mata uang untuk menghemat biaya secara substansial. Pasangan harus mendapatkan penawaran dari beberapa perusahaan Forex untuk mendapatkan harga terbaik untuk mentransfer uang ke penyedia pernikahan mereka dan jangan lupa bahwa tarif biasanya akan bervariasi, tergantung pada jumlah uang yang ditransfer.

 

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

254 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Wang Tobo 15 September 2019 | 00:02:47

berguna banget nih tips tips nya

Adhitya Nursyifa 13 September 2019 | 23:56:46

informasi yang sangat bermanfaat sekali buat saya

My Tri 13 September 2019 | 18:46:05

saya sih ngga pernah kepikiran untuk menikah diluar negeri

Wahyu Saputra 13 September 2019 | 07:53:30

Cewenya kalo pake model joss itu

Ceisa haruka yudhistri 13 September 2019 | 05:16:13

ini bisa menjadi info buat nanti kalau mau nikah diluar negri

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top