7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan saat Memilih Jurusan Kuliah

11 October 2018 by
7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan saat Memilih Jurusan Kuliah

Menentukan jurusan kuliah bisa jadi hal yang membingungkan. Banyaknya faktor yang harus dipertimbangkan, enggak jarang membuat sejumlah orang justru melakukan kesalahan saat memilih jurusan kuliah.

Kesalahan-kesalahan dalam memilih jurusan kuliah itu bisa mengakibatkan mahasiswa terjebak di jurusan yang salah, sampai terbuang-buangnya waktu, uang, dan tenaga selama kuliah. Lantas apa saja kesalahan yang paling sering dilakukan saat memilih jurusan kuliah? Berikut tujuh di antaranya, seperti dilansir Fast Web.

1. Terburu-buru

Menentukan jurusan kuliah yang tepat membutuhkan waktu dan usaha yang enggak instan. So, cobalah untuk enggak menjadi deadliner ketika memilih jurusan kuliah. Cari tahu apa minatmu dan jurusan kuliah apa yang paling tepat untukmu. Karena faktor terpenting dalam memilih jurusan kuliah adalah dirimu sendiri.

2. Ikut-ikutan

Dalam memilih jurusan kuliah, mungkin kamu menjadikan pacar atau teman sebagai acuan karena enggak ingin jauh dari mereka. Tapi sebenarnya, ini bukan langkah yang bijak. Kamu harus ingat untuk membuat keputusan terbaik bagi dirimu sendiri. Dan kalau si dia memang sayang, pasti apapun keputusanmu, bisa dimengerti.

3. Mengikuti tradisi keluarga

Beberapa keluarga memiliki satu jurusan kuliah turun-temurun yang dipilih oleh kakek, tante, ayah, sampai sepupu. Enggak jarang tradisi ini dijadikan jalan pintas untuk menentukan jurusan kuliah bagi si anak. Namun hanya mengikuti tradisi bukan cara terbaik karena bisa jadi minat dan keahlianmu berbeda dengan anggota keluarga lainnya. Jadi lebih baik untuk mencari bidang yang memang tepat untukmu.

4. Membiarkan orangtua yang memilih jurusan kuliah

Sebagai orangtua tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Mereka mungkin sudah memiliki anggapan tersendiri bahwa jurusan kuliah A lebih baik daripada B. Orangtua lantas memaksakan kehendaknya kepada sang anak untuk memilih jurusan kuliah tersebut. Untuk kamu yang mengalami hal ini, ada baiknya bicarakan baik-baik kepada orangtua soal minat dan rencanamu di masa depan. Lagipula, kamulah yang akan menjalani kuliah, bukan orangtua.

5. Ingin senang-senang

Mungkin jurusan kuliah yang ingin kamu pilih terkenal akan mahasiswanya yang asyik atau acara musiknya yang keren. Tapi apakah jurusan itu tempat yang tepat untuk belajar? Ingat, selain bersosialisasi, tujuanmu ke kampus ialah untuk belajar. Jadi, pintar-pintarlah untuk menyeimbangkan keduanya, ya, guys!

6. Merujuk pada reputasi jurusan kuliah

Hanya karena terakreditasi A, bergengsi, atau melahirkan tokoh-tokoh negara, bukan berarti jurusan kuliah itu yang tepat untukmu. Jangan pernah berpikir bahwa sulitnya diterima di suatu jurusan berarti kualitas jurusan kuliah itu bagus. Sebab reputasi enggak menjamin keberhasilanmu, bila kamu sendiri enggak bekerja keras untuk mendapatkan hasil terbaik.

7. Biaya kuliah yang murah

Biaya merupakan salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan. Tapi jangan sampai terpaku kepada biaya dalam memilih jurusan kuliah. Bila kamu berminat masuk jurusan kuliah tertentu meski biaya per semesternya mahal, cobalah untuk tetap berusaha diterima di sana. Nantinya setelah menjalani masa kuliah, kamu bisa mengajukan keringanan melalui program bidikmisi, atau mencari beasiswa.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
475 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Nurul Hidayah 12 December 2018 | 23:19:56

jangan sampai ikut ikutan

Single Fighter 09 December 2018 | 09:09:14

seharusnya diyakini dulu aja kejuruannya

Manteman Budoyo 02 December 2018 | 05:26:20

semua itu harus dipertimbangkan dengan matang apakita bisa untuk mengambil jurusan itu atau tidak kan gitu

nuri sari 27 November 2018 | 13:39:18

swmua butuh pertimbangan bakat kemampuan dan keuanganj

bang ilham 26 November 2018 | 21:52:15

iya juga sih.tapi semua itu butuh pertimbangan yang matang biar gak salah pilih

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top