home ×
Lifestyle

Cara Mempertahankan Hubungan Harmonis dengan Rekan Kerja

16 September 2019 By
Cara Mempertahankan Hubungan Harmonis dengan Rekan Kerja
Yukepo

Kebanyakan dari generasi Z dan millennials menghabiskan banyak waktu dengan orang lain dibandingkan keluarga. Terutama dengan rekan kerja. Pergi pagi pulang pagi demi menyambut rezeki tentu membuat kita mau tidak mau harus berhubungan dengan mereka semua untuk kelancaran pekerjaan dan mood yang stabil.

Rekan kerja bagai saudara jauh. Kalau hubungan kalian tidak harmonis, mood akan jadi jelek dan pekerjaan tidak cepat selesai. Supaya bisa me-maintain hubungan yang baik, terapkan cara sederhana ini.

1. Menyapa dengan ceria

Suasana positif di kantor dapat tercipta dari kalimat sapaan di pagi hari. Tentu saja kita ikut senang kalau disapa orang lain dengan senyuman yang ramah. Meskipun mood dari rumah belum tentu baik, saat di kantor kita dituntut untuk profesional dan tidak membawa masalah yang ada di rumah.

Usahakan untuk menyapa balik ketika disapa. Minimal senyum jika kalimat sapaan terlalu awkward diucapkan. Sapa saja siapa pun yang ada di kantor, termasuk satpam, penjaga warung, bahkan penjual kaki lima di depan kantor. Siapa tahu dengan kalimat sapaan itu ada banyak rezeki tak terduga!

2. Aktifkan notifikasi

Saling mengirim email sudah menjadi kegiatan umum sebagai pekerja. Untuk itulah membalas email harus sesegera mungkin agar feedback yang diinginkan klien bisa langsung direspon lagi.

Kebayang 'kan kalau kalian slow respon? Nggak cuma rekan kerjamu yang kesal, tetapi atasan bahkan klienmu juga ikut kesal. Aktifkan notifikasi email dan jangan tunda-tunda untuk membalasnya.

3. Berhenti mengeluh

Mengeluh sama artinya dengan menyebarkan energi negatif. Selain membuat suasana kantor jadi suram karena keluhanmu, mengeluh tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Malah dengan mengeluh, waktumu terbuang sia-sia.

Rekan kantor yang sedang bekerja juga ikut membuang waktu mendengarkan keluhanmu. Kecuali jika memang sedang waktunya istirahat atau sedang santai, dan kamu sedang ingin mengeluhkan sesuatu yang sedang viral di sosial media, sepertinya sah-sah saja. Mengeluh itu boleh, asal nggak keseringan. Kebanyakan sambat tidak banyak dapat nikmat!

4. Cari bahan obrolan yang sama

Hampir seharian bersama rekan kerja tentunya kamu sudah cukup mengerti apa yang disuka dan tidak disuka dari mereka selama di kantor. Maka dari itu, carilah topik bahasan yang umum dimengerti dan disukai anak kantor.

Misalnya, semua anak kantor menyukai makanan manis. Tinggal bahas saja tempat makan martabak manis favoritmu lalu rekomendasikannya. Dijamin obrolan lain akan saling muncul dan suasana hangat akan tercipta. Biasanya, seseorang akan sulit berbicara dengan rekan kerja karena tidak tahu mau bahas apa. 

5. Mengenali tipe orang

Ini dia kunci kesuksesan dari hubungan baik dan harmonis bersama rekan kerja. Mengenali karakteristik orangnya! Ada tipe orang pendiam tapi jika sudah kenal dekat jadi ramai, ada tipe orang yang ramai dan berisik, ada juga tipe orang pendiam dan pendengar yang baik.

Semua orang berbeda dan kita harus menghargai itu. Jika memang karakternya pendiam, jangan paksa untuk bicara, apalagi menuduhnya sombong. Begitu juga dengan orang yang karakternya ramai, jangan memaksanya untuk diam dan menuduhnya cerewet. Yang perlu kita lakukan adalah mengingatkannya jika berlebihan tetapi tidak untuk mengubah mereka.

6. Tidak banyak tingkah

Maksudnya adalah kita tidak berlebihan dalam bersikap. Orang yang pecicilan dengan tanpa tujuan itu menyebalkan di mata orang lain dan memiliki peluang dibicarakan yang tidak-tidak.

Untuk membangun hubungan harmonis, kita harus tahu tipe-tipe orang seperti apa yang harusnya kita hindari agar tidak mendapat gunjingan dari rekan kantor. Meskipun tampak seperti fake, hal ini berguna untuk ketenangan kalian di kantor. Kecuali memang kalian siap dengan segala risikonya.

7. Jadilah orang yang tenang

Pepatah masa kini bilang: Tuhan bersama hambanya yang santuy. Maksudnya adalah kita harus tenang, jangan buru-buru dalam menghadapi krisis. Karena dengan ketenangan itulah kebijaksanaan akan muncul dalam diri kita.

Hubungan yang baik dengan rekan kerja membuat suasana kantor lebih nyaman dan menyenangkan. Siapa sih yang hidupnya tidak ingin tenang? Dengan menjalin hubungan yang harmonis dengan rekan kerja, produktivitas dan kerjasama tim akan semakin meningkat.

224 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Riyan Kurniawan 10 October 2019 | 02:01:51

harus saling percaya aja dengan pasangan

Code ERROR 404 07 October 2019 | 23:39:50

mungkin cara ini bisa dilakukan oleh orang yang banyak rekan kerja

Veky Ustrada58 06 October 2019 | 11:48:13

kalo punya salah langsung aja minta maaf

Dmonk Sukses 25 September 2019 | 06:47:23

cara yang bisa anda gunakan saat dilingkungan kerja

Irfan Wijaya 23 September 2019 | 19:21:40

mungkin cara ini bisa di lakukan oleh orang yang banyak rekan kerja

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article