Bolehkah Fresh Graduate Meminta Gaji Tinggi di Pekerjaan Pertama?

01 October 2018 by
Bolehkah Fresh Graduate Meminta Gaji Tinggi di Pekerjaan Pertama?

Sebagai seseorang yang baru lulus kuliah alias fresh graduate, terjun ke dunia pekerjaan rasanya seperti bayi yang baru lahir. Penuh ketidaktahuan, penuh rasa penasaran.

Enggak terelakkan, berbagai pertanyaan seputar dunia kerja silih berganti hinggap di kepala. Mulai dari jenis pekerjaan apa yang sebaiknya kamu pilih, sampai gaji berapa yang pantas didapatkan seorang fresh graduate. 

Muncullah pertanyaan, bolehkah fresh graduate meminta gaji tinggi di pekerjaan pertamanya? Menurut Yoris Sebastian, penulis buku ‘Generasi Langgas: Millennials Indonesia’ sekaligus Founder OMG Creative Consulting, wajar bila fresh graduate meminta gaji tinggi. Akan tetapi, harus siap dengan persaingan yang ketat.

"Rasio diterimanya kalau saya enggak salah itu 0,03 persen. Jadi enggak sampai 1 persen," kata dia saat dihubungi kumparan, Senin (1/10).

Yoris menambahkan, perusahaan yang akan memberikan gaji tinggi kepada fresh graduate biasanya adalah perusahaan besar. Namun, perusahaan ini memberikan syarat yang tinggi pula kepada calon karyawannya.

"Mereka memberikan gaji tinggi ke fresh graduate yang high achiever. Nilai bagus, dan pengalaman juga ada, misal pernah magang di perusahaan keren," terang Yoris.

Lebih lanjut Yoris menyarankan, bila ditanya oleh perusahaan mengenai gaji yang diinginkan, berikanlah jawaban, "Gajinya mengikuti perusahaan".

"Karena perusahaan enggak mungkin menurunkan standar gajinya," tegas dia.

Namun begitu, sebelum meminta gaji tinggi dari perusahaan, sebaiknya fresh graduate melakukan persiapan dan riset. "Jangan bunuh diri mau gaji tinggi tapi (melamar) ke perusahaan yang enggak bisa memberikan gaji tinggi. Do your research," tutup Yoris.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

836 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Rudi Ono 13 July 2019 | 23:24:03

mungkin saja asalkan punya skill bagus

Sya 14 June 2019 | 15:12:49

wajar saja jika lulusan baru meminta gaji tinggi

De AR 03 May 2019 | 06:21:01

ya semua harus sesuai dengan kemampuan dan skill nya lah kalau oke ya gapapa

Muhammad Fikray 03 May 2019 | 05:56:08

yang penting skill juga mumpuni

rama pratama 27 February 2019 | 00:40:12

yah boleh asalkan punya skill yang mumpuni

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top