Hal Terlarang yang Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek

04 February 2019 by
Hal Terlarang yang Dilakukan Saat Tahun Baru Imlek

Masyarakat Tionghoa meyakini bahwa perayaan Tahun Baru Imlek akan memengaruhi keberuntungan mereka setahun mendatang. Itu sebabnya mereka percaya ada beberapa hal yang harus dihindari agar tidak mempengaruhi keberuntungan mereka.

Meski hal-hal tabu ini banyak dihindari masyarakat Tionghoa di masa lampau, namun tak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui hal terlarang apa saja yang dilakukan ketika Tahun Baru Imlek.

1. Hindari minum obat

Adalah tabu bagi seseorang menyeduh obat herbal atau minum obat pada hari pertama tahun baru China. Pasalnya mereka meyakini hal ini justru akan membuat mereka sakit selama setahun penuh.

2. Jangan menyapu atau membuang sampah

Kegiatan menyapu pada tahun baru Imlek diyakini sama dengan menyapu keberuntungan. Begitu halnya dengan membuang sampah, kegiatan ini melambangkan bahwa Anda membuang keberuntungan dari rumah. Jadi hindari kedua hal ini ya!

3. Hindari makan bubur dan daging saat sarapan

Bubur tidak boleh dimakan saat Tahun Baru Imlek karena dianggap bahwa menu sarapan ini identik untuk orang miskin. Jadi pada saat Tahun Baru Imlek, hindari untuk makan bubur karena sama saja Anda meminta kemiskinan. Selain itu, daging juga tidak boleh disantap saat sarapan untuk menghormati para dewa Buddha yang menentang pembunuhan hewan.

4. Jangan mencuci pakaian dan rambut

Anda juga harus menghindari mencuci pakaian di hari pertama dan kedua Tahun Baru Imlek karena dua hari ini dirayakan sebagai hari ulang tahun Dewa Air, Shuishen. Begitu pula dengan rambut, hindari keramas di hari pertama tahun baru Imlek.

Dalam bahasa Cina, rambut memiliki pengucapan yang sama dengan kata 'kaya'. Oleh karena itu, keramas di awal tahun dianggap sebagai membasuh kekayaan alias menolaknya.

5. Hindari melakukan aktivitas dengan benda tajam

Penggunaan pisau, gunting dan jarum harus dihindari saat Tahun Baru Imlek karena dianggap dapat menyebabkan hal-hal yang tidak menguntungkan dan menipisnya kekayaan di tahun tersebut.

6. Anak perempuan yang sudah menikah tidak boleh mengunjungi rumah orang tuanya

Anak perempuan yang sudah menikah tidak diperbolehkan mengunjungi rumah orang tuanya saat Tahun Baru Imlek, karena diyakini dapat membawa sial bagi orang tuanya, terutama dalam aspek finansial. Biasanya seorang anak perempuan yang sudah menikah mengunjungi rumah orang tuanya pada hari kedua Tahun Baru Imlek.

Wah ternyata yang  menurut sebagian orang sepele, tapi dilarang dilakukan saat Tahun Baru Imlek Lho. 

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
100%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

3963 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Uzone Id 23 February 2019 | 15:15:49

memengaruhi keberuntungan mereka setahun mendatang

Ibnu Saleh 23 February 2019 | 15:06:28

jangan menuruti ajaran diatas

Rizqi Maulana 23 February 2019 | 12:02:53

ada2 saja iniiiiiiiiii hdeh

Kris 23 February 2019 | 11:33:41

Ada2 aja gak sampe segitunya juga kali

Uz Ud 23 February 2019 | 10:24:36

penuh warna merah kalau pas lagi Imlek

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top