Ketimbang Panik, Kita Sambut Alien yang Datang !

20 February 2018 by
Ketimbang Panik, Kita Sambut Alien yang Datang !

Uzone.id—"Ketakutan yang saya rasakan tak bersifat rasional, tapi, ketakutan yang bersifat teror kepanikan," kata novelis kenamaan HG Wells dalam novel berjudul War of the Worlds yang menggambarkan respons manusia terhadap eksistensi dan invasi alien ke Bumi pada suatu hari nanti.

Namun, terlepas dari penggambaran yang mengkhawatirkan tersebut, periset mengungkapkan penemuan kehadiran alien lebih mungkin disambut dengan tangan terbuka daripada panik. Demikian seperti dilansir The Guardian yang dikutip Uzone.id pada Selasa (20/2/2018).

"Saya pikir, secara konsensus respons manusia akan cenderung condong ke arah yang berlawanan dari rasa takut, jika kita menemukan bukti kehidupan di angkasa luar," kata Ketua Riset Profesor Michael Varnum dari Arizona State University, yang mempresentasikan hasil penelitiannya di Konferensi American Association for the Advancement of Science, Austin, Texas, Amerika Serikat.

Untuk memeriksa reaksi publik terhadap alien, Varnum dan rekan-rekannya menganalisis bahasa 15 artikel media yang ditulis pada saat tiga penemuan yang pada awalnya disarankan untuk menjadi bukti kehidupan di luar bumi, seperti temuan Mikroba Mars 1996 dan eksistensi Bintang KIC-8462852 alias Bintang Tabby yang berpotensi dihuni alien.

Mereka menganalisis tanggapan dari 500 responden yang direkrut secara online terhadap pengumuman hipotetis bahwa kehidupan Mikroba di luar bumi telah ditemukan, baik dari segi pandangan mereka sendiri dan pemikiran mereka tentang bagaimana reaksi manusia. 500 individu lainnya diberi artikel berita nyata yang melaporkan "penemuan" 1996, atau sebuah artikel tentang ilmuwan yang memproduksi sel kehidupan sintetis di Bumi, dan tanggapan tertulis mereka dianalisis.

Hasilnya, penelitian yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal Frontiers of Psychology, mengungkapkan bahwa responden cenderung condong ke persepsi positif dalam menanggapi pemberitaan media yang mengulas tentang penemuan bukti kehidupan di angkasa luar.

Responden memandang kehidupan alien lebih banyak memberikan manfaat ketimbang risiko, dan berprospek positif bagi kehidupan manusia di Bumi."Jika temuan kami memberikan panduan yang masuk akal, maka tampak bahwa kita menganggap alien dengan persepsi yang lebih positif," kata Varnum.

Ahli Astrobiologi dari University of Westminster, Prof Lewis Dartnell menyambut baik temuan ini. "Penelitian ini mendapati orang cenderung antusias dengan penemuan kehidupan di luar bumi," katanya. "Walaupun kami belum bertemu alien cerdas dari luar angkasa di galaksi kami, tapi ada sejumlah misi yang akan datang yang bisa mendeteksi tanda-tanda alien."

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

17 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Uzone Taek 30 March 2019 | 12:56:02

apakah alien bener bener ada ??

firman ferdiansyah 22 March 2019 | 05:38:11

apakah alien itu sama seperti manusia? memiliki akal sehat?

Keishin Naufa 17 March 2019 | 08:35:33

kalo ketemu sama alien, gw kasih dia nasi kucing

adam aprilliansah 04 January 2019 | 11:19:50

apa benar ada nya alien

arman elektro 26 December 2018 | 07:48:26

baguslah kalo rmang dia beneran ada yah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top