Maknai Toleransi, Klenteng Ini Sediakan Makanan untuk Berbuka Puasa Bagi Umat Muslim

18 May 2019 by
Maknai Toleransi, Klenteng Ini Sediakan Makanan untuk Berbuka Puasa Bagi Umat Muslim

Indonesia memang negara yang memiliki berbagai macam suku, budaya maupun agama. Walaupun para penduduknya memiliki ragam agama, namun nilai toleransi di Indonesia masih tetap terjaga. Seperti halnya yang dilakukan oleh umat Konghuchu di Bojonegoro ini.

Walaupun tidak menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan, umat Tri Dharma di Bojonegoro ini rela memasak dan menyediakan makanan bagi saudara Muslim yang menjalankan ibadah puasa. Mereka menyajikan menu seperti, soto, rawon, buah buahan, dan minuman dingin.

Banyak warga Muslim yang hadir

Banyak warga Muslim yang hadir
beritabojonegoro.com

Siapa sangka acara buka puasa yang digelar oleh umat Tri Dharma di Bojonegoro ini dihadiri oleh banyak warga muslim. Dilansir dari Detik.com, ada sekitar 300 hingga 500 porsi makanan disediakan bagi yang ingin menikmatinya. Mereka memenuhi komplek Klenteng Hok Swie Bio yang berada di jalan Jaksa Agung Suprapto untuk menjalankan buka puasa bersama.

Bahkan banyak warga yang sudah mengantre sejak pukul 17.00 WIB di klenteng tersebut. Beberapa warga muslim pun juga banyak yang berbaur dengan warga keturunan Tionghoa. Mereka juga saling bercengkerama dan bercanda satu sama lain.

Sudah mejadi tradisi di klenteng Hok Swie Bio

Sudah mejadi tradisi di klenteng Hok Swie Bio
www.penaruncing.com

Pasalnya acara buka puasa yang dilaksanakan di klenteng Hok Swie Bio bukan terjadi sekali saja. Sebelumnya klenteng ini memang sering mengadakan acara buka puasa bersama bagi warga Muslim. Pengurus klenteng pun juga ikut memberikan alasan mengapa mereka menggelar acara buka puasa gratis ini.

"Buka puasa bersama digelar sebagai bentuk toleransi umat Tri Dharma dengan warga muslim. ini merupakan tradisi Klenteng Hok Swie Bio yang telah berjalan beberapa tahun lalu," ujar pengurus Klenteng HSB, Hari Widodo.

Banyak warga Muslim yang bersyukur

Banyak warga Muslim yang bersyukur
news.detik.com

Banyak warga muslim yang merasa bersyukur dengan digelarnya acara buka puasa bersama gratis yang diadakan di klenteng ini. Menurut penuturan salah satu warga, dengan adanya acara bukber ini, masyarakat jadi bisa tambah akrab dan mengenal satu sama lain. Selain itu mereka juga bisa memaknai arti dari toleransi antar umat beragama.

"Yang jelas bisa menambah keakraban di antara kami warga muslim dengan saudara kita umat Tri Dharma. Semoga kegiatan ini akan terus dilestarikan supaya tercipta damai diantara sesama," ujar salah satu warga.

Acara buka puasa bersama yang digelar oleh umat Tri Dharma di Bojonegoro ini memang menjadi acara tahunan. Bahkan banyak umat Muslim yang ikut mengantre sejak jam 17.00 WIB untuk berbuka puasa bersama. Dengan adanya acara tersebut, warga juga bisa saling berbaur dan berbincang satu sama lain tanpa memandang suku, ras dan agama.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

282 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
afiful 07 July 2019 | 10:53:56

kita harus saling menghormati walau beda agama

afiful 06 July 2019 | 19:48:40

mari kita pertahankan kuliner di kota kita

Ayu Rahayu 30 May 2019 | 12:36:12

toleransi beragama yang penting juga

Keplak Menyan 30 May 2019 | 04:47:48

ini jih yang patut di contoh walaupun berbeda agama

PERSELA LAMONGAN 29 May 2019 | 23:28:41

pengen deh bisa makan disana pasti seru banget

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top