Manfaat Mengenalkan Gadget Pada Anak

15 December 2016 by
Manfaat Mengenalkan Gadget Pada Anak


Belajar menggunakan gadget kini bukanlah hal yang asing. Aneka permainan dan aplikasi yang menarik bisa menjadi alat bantu pembelajaran bagi anak. Namun, secanggih apapun gadget yang digunakan, menurut psikolog anak Roslina Verauli, gadget hanya berfungsi sebagai alat bantu, bukanlah pusat pembelajaran.

Karena, interaksi yang tercipta ketika menggunakan gadget adalah interaksi satu arah. “Interaksi penggunaan gadget itu pasif, hanya bersifat satu arah,” ujarnya dalam acara BebeHero Hi-5 pada Rabu (14/12) di Jakarta.

Interaksi pasif ini kata Roslina memang diperlukan tapi harus diseimbangkan dengan interaksi yang aktif. “Perlu diingat bahwa kegiatan lain seperti membaca buku, mendengarkan dongeng, ataupun mendengar musik juga termasuk interaksi pasif.”

Sehingga interaksi pasif dengan penggunaan gadget harus dibatasi, tapi bukan berarti orang tua jadi takut mengenalkan gadget kepada anak. “Anak harus dikenalkan pada gadget supaya anak adaptif.”

Selain itu, simbol-simbol pada tombol gadget imbuh Roslina merupakan bahasa universal yang membantu anak agar familiar dengan berbagai peralatan elektronik yang kini semakin banyak digunakan.

 

(yuri/wida)

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
hizbul elfariz 26 August 2018 | 00:43:40

875431

puthut pramono 03 June 2018 | 07:03:34

bahayanya itu kalu sampe bisa mengakses situs dewasa

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top