Mengintip Kehidupan Asli Ratu Berbenah Marie Kondo

20 April 2019 by
Mengintip Kehidupan Asli Ratu Berbenah Marie Kondo

Nama Marie Kondo sempat mencuat setelah dirinya muncul di serial Netflix. Dia memperkenalkan metode beres-beres yakni KonMari, menyingkirkan barang yang tidak menimbulkan kebahagiaan. Prinsip ini pun ia tarik dalam kesehariannya. 

Menurut dia, prinsip bebenah yang dia perkenalkan pun bisa berguna dalam rutinitas untuk hidup lebih baik dan lebih seimbang.

Menganut paham keseimbangan, begini sebenarnya rutinitas dan kehidupan sehari-hari si ratu bebenah Marie Kondo.

Memulai hari pukul 06.00

"Saya bangun pada pukul 06.00 tiap pagi dan saya tidak menggunakan alarm," kata Kondo seperti dikutip dari Medium

Setelah itu ia membuka jendela dan membiarkan udara segar masuk ke rumah. Kemudian dia pun membakar dupa. 


Suka makan natto

Kondo memprioritaskan sarapan dengan menu-menu khas Jepang. Untuk sarapan, ia memilih mengolah nasi menggunakan panci atau wadah dari keramik yang disebut donabe. Nasi dihidangkan bersama dengan sup miso yang dicampur dengan sayuran. 

"Saya juga suka makan makanan fermentasi sebanyak mungkin. Misalnya, saya suka natto (kedelai fermentasi) dan amazake buatan rumah (minuman fermentasi beras yang manis)," imbuhnya. 

Kondo mengonsumsi makanan sesuai dengan kondisi fisiknya. Dia pun menghindari makanan olahan yang mengandung gula. Jika sangat ingin makan makanan manis, ia mencari makanan yang lebih alami seperti buah-buahan. 

Konsep keseimbangan

Kondo tak menerapkan standar yang ketat. Ia lebih memilih membuat prioritas dalam jangka waktu setahun, per tiga bulan, per bulan dan per minggu. 

"Kemudian saya bekerja sampai ke rutinitas harian. Dengan melakukan ini saya dapat menyelaraskan waktu saya dengan tujuan yang penting pada tahap tertentu dalam hidup saya," kata dia. 

Saat hari kerja, Kondo selalu memulainya dengan rapat dan wawancara. Biasanya ini ia selesaikan saat pagi. Saat sore, ia mulai menulis. Kecuali ada jadwal pengambilan gambar, ini bisa sampai seharian. 

"Saya juga suka yoga dan peregangan. Rutinitas olahraga tidak termasuk apapun yang terlalu berat," ucapnya. 


Konsep keseimbangan ini pun perlu dibicarakan dengan pasangan. Kondo pun berdiskusi dengan sang suami untuk menemukan keseimbangan seperti apa yang bisa masuk ke keduanya. Dia memberikan contoh saat ia mengejar tulisan yang harus segera selesai sehingga ia benar-benar mendedikasikan waktunya untuk bekerja. 

"Buat saya, kehidupan kerja yang seimbang itu soal menyadari apa yang sedang Anda kerjakan dan komunikasikan dengan orang yang Anda cintai," katanya. 

Waktu berkualitas bersama anak

Saat malam, ia fokus menghabiskan waktu bersama anak. Pekerjaan diakhiri pukul 18.00. Makan malam sellau di rumah dan kadang mengundang teman atau kolega. Anak-anak selalu dibacakan cerita sebelum tidur. 

Bersiap tidur

Jika anak-anak sudah tidur, saatnya mengganti air pada vas bunga dan mengembalikan semua barang pada tempatnya semula. 

"Karena tiap benda sudah punya tempatnya di rumah, saya bisa menyelesaikan ini dalam 10 menit. Sembari meletakkan mereka pada tempatnya, saya berterima kasih untuk kerja keras mereka," ujarnya. 

Sebelum tidur, Kondo melarutkan minyak esensial untuk membantunya tidur nyenyak. Aroma favoritnya lavender dan kayu Jepang. 


KonMari menjadi fondasi Kondo untuk semua kegiatannya. Menurut dia, metode ini mengajarkan orang bahwa kegiatan beres-beres rumah akan membantu mengidentifikasi nilai dan apa yang menimbulkan kebahagiaan dalam diri. 

"Saat Anda dilengkapi dengan pengetahuan ini, Anda akan mulai meningkatkan semua aspek kehidupan Anda," imbuhnya.

Berita Terkait

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

205 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Sugi Yanto 27 April 2019 | 13:33:06

apakah dia layak mendapatkan ratu berbenah

Gian Tamaja 27 April 2019 | 04:47:03

dia terlihat sangat cantik ya dan juga manis

Teh Gelas 23 April 2019 | 21:11:17

Kondo memprioritaskan sarapan dengan menu-menu khas Jepang. Untuk sarapan, ia memilih mengolah nasi menggunakan panci atau wadah dari keramik yang disebut donabe. Nasi dihidangkan bersama dengan sup m

Randi Permana 23 April 2019 | 18:15:29

mengintif ituh tidak baik dan dosa

Danang Namikaze 23 April 2019 | 15:29:48

wah jdi ini kehidupan asli ratu berbenah mariw

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top