Premi Asuransi Mobil Kamu Kemahalan? Ini Solusinya

05 August 2018 by
Premi Asuransi Mobil Kamu Kemahalan? Ini Solusinya

Uzone.id - Meskipun tingkat kepemilikan mobil di Indonesia terus meningkat dalam beberapa waktu belakangan ini, namun sayangnya peningkatan tersebut tidak dibarengi dengan tingginya minat pada asuransi mobil. Salah satu faktor penyebabnya adalah minimnya akses masyarakat seperti pandangan bahwa asuransi masih belum terlalu diperlukan, harga premi yang ditawarkan masih mahal, manfaat yang ditawarkan tidak memenuhi keinginan publik, sampai kurangnya pemahaman mendalam terkait asuransi akibat kurangnya sosialisasi perihal ini.

Market share asuransi di Indonesia pun masih di bawah angka 5% yang secara umum terbilang ironis mengingat jumlah penduduk Indonesia kurang lebih ada 250 juta jiwa. Walaupun sudah ada berbagai website penyedia produk asuransi mobil, besarnya jumlah masyarakat Indonesia yang masih belum menyentuh industri asuransi menjadi cambuk tersendiri bagi berbagai pihak termasuk pemerintah, mengingat potensi yang besar tersebut tak lepas dari kondisi perekonomian dan daya beli masyarakatnya.

Tak bisa dipungkiri, masih banyak lapisan masyarakat yang mengeluh bahwa premi asuransi masih terbilang mahal dan tak terjangkau. Meski demikian, ini tak 100% benar karena saat ini telah tersedia beberapa produk asuransi yang menawarkan tingkat premi yang relatif lebih terjangkau. Bahkan, jika mau lebih cermat lagi memilihnya, kita bisa mendapatkan produk asuransi dengan tingkat premi yang terbilang rendah.

Ada pun premi merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulan sebagai kewajiban tertanggung atas keikutsertaannya di suatu perusahaan asuransi. Besarnya premi ditetapkan oleh perusahaan asuransi dengan memperhatikan kondisi tertentu dari tertanggung.

Polis dan Produk Perusahaan Asuransi

Polis Asuransi  merupakan perjanjian asuransi atau pertanggungan bersifat konsensual (dengan kesepakatan), dibuat secara tertulis dalam suatu akta oleh pihak-pihak yang mengadakan perjanjian. Pada akta yang dibuat secara tertulis itu dinamakan “polis”. Sehingga dengan demikian, polis menjadi tanda bukti perjanjian pertanggungan yang merupakan bukti tertulis.

Di antara sekian banyak perusahaan asuransi dengan beragam produk yang ditawarkan kepada masyarakat, salah satunya ialah produk asuransi kendaraan. Umumnya, premi asuransi mobil yang ditawarkan perusahaan asuransi kerap berbeda-beda bergantung dari kebijakan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Perbedaan tarif yang ditawarkan ini sesungguhnya memberikan keuntungan tersendiri bagi kalangan masyarakat yang hendak membeli produk asuransi. Ambil saja sebuah contoh, polis asuransi mobil ACA dan Chubb tentu saja berbeda walaupun dengan harga yang sama. Terkadang harga yang sama perlindungan yang ditawarkan oleh masing-masing asuransi berbeda tergantung pilihan dan kebijakan yang berlaku.

Karena persaingan yang ketat, banyak dari perusahaan asuransi yang terus berkompetisi menciptakan inovasi sehubungan asuransi mobil. Beragam produk inovatif yang dikeluarkan perusahaan asuransi tentunya membuat variasi manfaat yang diberikan bagi masyarakat yang hendak membeli produk asuransi mobil pun kian banyak. Dengan demikian, premi asuransi mobil pun dapat secara otomatis mengalami penurunan.

Cara Simpel Menurunkan Premi

Lantas bagaimana jika Anda ingin menurunkan harga premi asuransi mobil Anda lantaran Anda merasa premi asuransi Anda terlalu mahal? Untuk mendapatkan premi asuransi mobil yang lebih rendah dan terjangkau, Anda perlu mencermati beberapa hal berikut ini.

  1. Pertama, cari tahu dan pahami lebih dalam terkait produk-produk asuransi mobil di semua perusahaan asuransi di Indonesia. Cari tahu tarif premi yang ditawarkan tiap-tiap perusahaan asuransi, termasuk manfaat yang diberikan serta tenggat waktu proses pencairan klaimnya. Selanjutnya, bandingkan produk-produk tersebut lalu tentukan mana yang lebih murah tapi tetap memberikan perlindungannya dengan lengkap.
  2. Kedua, beranikan diri meminta potongan premi. Jika hendak membeli produk asuransi mobil, maka tak ada salahnya melakukan nnegosiasi ulang dengan pihak perusahaan asuransi yang bersangkutan. Bahkan, daya tawar masyarakat akan lebih tinggi bila diiringi dengan kemampuan mengendalikan risiko saat berkendara.
  3. Ketiga, pilihlah kendaraan secara tepat karena ini pun menjadi faktor penting yang menentukan. Jika Anda hendak membeli mobil baru, maka yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah mempertimbangkan jenis mobil yang akan dibeli. Menyusul kemudian bagaimana tingkat kenyamanan dan keamanannya. Selain itu, perlu diketahui bahwa membeli mobil dengan harga yang luar biasa mahal juga akan berdampak pada tingkat premi yang harus Anda bayarkan.
  4. Keempat, Anda akan ingin mengasah kemampuan menyetir Anda agar menjadi lebih mahir lagi. Kemampuan menyetir mobil yang mumpuni tentu akan memberikan keuntungan tersendiri. Sadarilah bahwa perusahaan asuransi akan melihat kemampuan menyetir Anda sebagai landasan memberikan tingkat premi. Semakin Anda mahir mengemudi, maka tingkat risiko pun akan semakin rendah. Begitu juga kaitannya dengan tingkat premi yang akan menjadi semakin rendah.
  5. Kelima, tambahkan berbagai perangkat keamanan pada mobil Anda. Pemasangan berbagai perangkat keamanan seperti alarm, kunci stir dan sejenisnya akan mengurangi risiko yang ada. Tersedianya perangkat keamanan pada mobil Anda tentu bisa dijadikan dasar untuk menegosiasikan tingkat premi asuransi mobil yang lebih rendah kepada pihak perusahaan asuransi.
  6. Keenam, menambah fitur keamanan dan kenyamanan di dalam mobil seperti rem ABS, kantung udara depan dan samping, sabuk pengaman ganda elektronik, sensor, dan semacamnya pun dapat dijadikan solusi. Hal ini dapat mengurangi risiko cedera dalam tabrakan mobil sehingga secara otomatis dapat mengurangi risiko. Risiko yang berkurang berarti premi asuransi mobil yang lebih rendah juga untuk Anda bayarkan.

Keenam cara sederhana di atas dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang merasa perlu menurunkan harga premi asuransi mobil Anda. Terlepas dari hal tersebut, tak ada salahnya menambah wawasan tentang produk-produk asuransi dan perhitungan preminya. Selamat mencoba!

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

624 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Kaleng Kaleng 18 February 2019 | 19:56:00

wah kalo bisa sih jangan mahal mahal lah

redo 13 February 2019 | 17:35:29

iya ternyata solusi nya sama bermanfaat

Slalu XL 11 February 2019 | 23:09:37

iya ternyata solusi nya sama bermanfaat iya solusinya cukup bermnafaat

f4hmi 11 February 2019 | 18:21:35

iya ternyata solusi nya sama bermanfaat

Exotic One 07 February 2019 | 15:55:11

iya solusinya cukup bermnafaat

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top