Psst, Setiap Orang Ternyata Punya 4 Shio! Cari Tahu Di Sini!

06 August 2019 by
Psst, Setiap Orang Ternyata Punya 4 Shio! Cari Tahu Di Sini!

Berbeda dengan astrologi dari negeri barat yang kita kenal dengan 12 zodiak, dalam astrologi Cina, terdapat 12 shio yang siklusnya akan berulang setiap 60 tahun sekali. Urutannya dimulai dari tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan yang terakhir adalah babi. Nah, jika sebelumnya kamu hanya mengenal satu shio berdasarkan tahun kelahiranmu, maka ketahui: sejujurnya, masing-masing orang memiliki empat shio yang dibagi berdasarkan tahun kelahiran, bulan kelahiran, tanggal kelahiran, serta jam kelahiran. Keempat shio ini disebut dengan Ba Zi (??), atau Empat Pilar Takdir (Four Pillars of Destiny). Ingin tahu lebih dalam mengenai empat shio-mu? Simak sampai habis!

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai empat shio yang kamu miliki, ada baiknya kamu mengetahui dua hal penting dalam astrologi Cina, yaitu Heavenly Stem (atau Elemen Langit) yang merepresentasikan lima elemen serta Yin dan Yang seseorang, serta Earthly Branches (Elemen Bumi) yang merepresentasikan ke-12 shio seperti yang sudah lama kita kenal. Karena kamu pasti sudah mengenal soal Earthly Branches, maka mari bahas lebih dalam soal Heavenly Stem.

Berbeda dengan zodiak yang biasa dibagi dalam empat elemen: yaitu api, tanah, angin, dan air, dalam astrologi Cina ada lima elemen yang akan menentukan kepribadianmu; dimulai dari logam, air, kayu, api dan tanah. Selain itu, jika keempat elemen zodiak sifatnya sudah pasti (berdasarkan apa zodiakmu, semisal kalau kamu Cancer maka elemenmu pasti air, dan jika zodiakmu Leo maka elemenmu pasti api), lima elemen dalam shio berbeda-beda sesuai dengan urutan tahun kelahiranmu. Mereka yang lahir dengan angka terakhir 0 atau 1 di tahun kelahiran mereka (seperti 1990 atau 1991) memiliki elemen logam. Mereka yang terlahir di tahun dengan angka terakhir 2 atau 3 memiliki elemen air, sedangkan mereka yang lahir di tahun dengan angka terakhir 4 atau 5 memiliki elemen kayu. Di sisi lain, mereka yang lahir dengan angka terakhir 6 dan 7 di tahun kelahirannya memiliki elemen api, dan terakhir, mereka yang terlahir dengan angka terakhir 8 atau 9 memiliki elemen tanah.

Dikalikan dengan 12 shio, kelima unsur tersebut akan membentuk siklus sepanjang 60 tahun yang akan menentukan kepribadian seseorang. Nah, selain lima elemen, Yin (energi negatif) dan Yang (energi positif) juga sangat berpengaruh pada astrologi Cina, dan membentuk kepribadian yang berbeda pula. Tahun dengan angka genap biasanya memiliki unsur Yang, sedangkan tahun dengan angka ganjil memiliki unsur Yin.

Sekarang mari kita bahas mengenai keempat shio atau Four Pillars of Destiny. Hal paling umum yang diketahui seseorang biasanya adalah The Year Pillar, yaitu shio dan elemen berdasarkan tahun kelahiran mereka. Semisal, kalau kamu lahir pada 1 Juni 1994, maka shio-mu adalah anjing kayu. Namun tahukah kamu bahwa kamu memiliki tiga shio lainnya yang dibagi berdasarkan bulan, hari dan jam kelahiranmu? Berikut penjelasan lengkapnya:

 

 

 

1. The Year Pillar

Pilar pertama adalah pilar tahun, dan merepresentasikan karaktermu yang terlihat di mata orang lain. Shio pada pilar ini didapat berdasarkan tahun kelahiran, jadi bisa dikatakan kalau kamu lahir di tahun yang sama dengan temanmu, maka kemungkinan besar pilar kalian akan sama. Semisal kamu lahir pada 1 Juni 1994, maka shio-mu pada pilar ini adalah anjing kayu Yang.

 

2. The Month Pillar

Pilar kedua, yaitu pilar bulan, merepresentasikan karakter dasar atau inner qualities seseorang yang sesungguhnya. Shio pada pilar ini didapat berdasarkan bulan kelahiran, jadi kalau kamu lahir di bulan yang sama dengan temanmu, kemungkinan besar pilar bulan kalian mungkin akan sama. Oh ya, karakter pada pilar ini biasanya akan mulai terlihat begitu kamu memasuki tahun awal kedewasaan, dan karenanya disebut sebagai inner animal. Semisal kamu lahir pada 1 Juni 1994, maka shio-mu pada pilar ini adalah ular. Berikut urutan shio pada pilar ini berdasarkan bulan kelahiran:

Tikus: 7 Desember sampai 5 Januari

Kerbau: 6 Januari sampai 3 Februari

Macan: 4 Februari sampai 5 Maret

Kelinci: 6 Maret sampai 4 April

Naga: 5 April sampai 4 Mei

Ular: 5 Mei sampai 5 Juni

Kuda: 6 Juni sampai 6 Juli

Kambing: 7 Juli sampai 6 Agustus

Monyet: 7 Agustus sampai 7 September

Ayam: 8 September sampai 7 Oktober

Anjing: 8 Oktober sampai 6 November

Babi: 7 November sampai 6 Desember

 

3. The Day Pillar

Pilar ketiga, atau pilar hari, adalah pilar yang paling penting. Mengapa demikian? Karena shio seseorang pada pilar ini terus berubah dari hari ke hari, dan siklusnya tak pernah sama tiap tahunnya. Semisal, kamu lahir di tanggal 1 Juni 1994, shio-mu pada pilar ini belum tentu sama dengan mereka yang lahir pada 1 Juni 1995 atau 1 Juni 1993. Shio ini merepresentasikan kepribadian yang sebenarnya ingin kamu miliki, dan akan terlihat semakin jelas seiring kamu beranjak tua nanti. Oh ya, biasanya karakter pada pilar ini juga akan muncul di masa-masa terbaik dalam hidupmu, dan karenanya disebut sebagai true animal. Karena shio pada pilar ini sulit diketahui, ada baiknya kamu mengecek kalkulator shio untuk mengetahui shio-mu. Cek https://psychicscience.org/pillars untuk mengetahuinya.

 

4. The Hour Pillar

The Hour Pillar, atau pilar jam, merepresentasikan sifat naturalmu. Sifat ini mungkin terbenam jauh di dalam dirimu, dan tak pernah kamu sadari kehadirannya. Atau, mungkin selama ini kamu menyembunyikan sifat ini dari orang lain. Hanya di waktu-waktu tertentu (biasanya ketika kamu sedang menghadapi masalah besar, atau justru ketika kamu sedang sangat bahagia) sifat ini baru terlihat, dan karenanya disebut sebagai secret animal. Shio pada pilar ini didapat berdasarkan jam kelahiranmu, jadi kalau kamu lahir di jam yang sama dengan temanmu, kemungkinan besar pilar jam kalian mungkin akan sama. Berikut urutan shio pada pilar ini berdasarkan jam kelahiran:

Tikus: 23:00 – 00:59

Kerbau: 01:00 – 02:59

Macan: 03:00 – 04:59

Kelinci: 05:00 – 06:59

Naga: 07:00 – 08:59

Ular: 09:00 – 10:59

Kuda: 11:00 – 12:59

Kambing: 13:00 – 14:59

Monyet: 15:00 – 16:59

Ayam: 17:00 – 18:59

Anjing: 19:00 – 20:59

Babi: 21:00 – 22:59

 

Bagaimana? Apakah kamu sudah mengetahui keempat shio yang kamu miliki? Sekarang, mari pelajari masing-masing karakter berdasarkan shio dan elemenmu:

Elemen:

1. Logam

Dalam mitologi Tiongkok, logam dilambangkan dengan makhluk mitologi The White Tiger atau macan putih. Logam, atau emas, adalah harta berharga yang tersembunyi di antara tumpukan tanah, jadi bisa dikatakan kamu adalah orang yang sangat spesial di antara teman-temanmu yang lain. Sama seperti sang macan, kamu sangat menjunjung tinggi keadilan, kekuatan, serta keras kepala, namun kamu juga bisa beradaptasi dan berubah jika dihadapkan pada tekanan yang keras. Mereka yang memiliki unsur metal dikenal ambisus, kompetitif, independen, tekun, gigih, serta berkeinginan kuat. Orang-orang dengan unsur ini juga mencintai kesederhanaan, keteraturan dan hidup yang aman. Sayangnya, mereka yang berunsur metal juga cenderung suka mengatur, memaksa, tak mudah percaya dan kurang empati.

 

2. Air

 

 

Dalam mitologi Tiongkok, air dilambangkan dengan makhluk mitologi The Black Turtoise atau kura-kura raksasa. Nah, sama seperti kura-kura raksasa tersebut, menurut filosofi Tiongkok, air melambangkan inteligensi dan kebijaksanaan. Dan sama seperti air, mereka yang diwarisi elemen ini memiliki sifat yang fleksibel namun berpendirian kuat, serta tenang namun menghanyutkan. Mereka yang terlahir dengan unsur ini biasanya jarang menunjukkan sifat asli mereka - kamu hanya mengetahui sisi luarnya saja, namun sifat aslinya terpendam jauh di dalam. Pemilik unsur air juga biasanya tertutup, namun mereka senang berteman dengan banyak orang. Mereka juga dikenal pendiam dan pencinta kedamaian, namun memiliki kepribadian yang hebat untuk memimpin dan mengumpulkan orang. Seperti air, mereka punya sifat yang menyenangkan, diplomatis, punya empati tinggi, cerdas, banyak akal, dan bisa menghidupkan suasana. Sayang, mereka juga dikenal terlalu pasif, sangat bergantung pada orang lain, mudah cemas, dan ketika marah mereka akan sangat menyeramkan. Better be nice with water sign, dear.

 

3. Kayu

 

 

Pewaris elemen ini dikenal baik hati, ramah dan peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Sama seperti pohon bambu, pemilik unsur ini biasanya berpendirian kuat namun fleksibel, dan biasa terlahir sebagai pemimpin. Mereka yang berunsur kayu juga punya sifat yang sabar, kreatif, senang bersosialisasi, mudah beradaptasi, namun terkadang membosankan, agresif, mudah menyerah jika berada dalam tekanan, serta terlalu bergantung pada orang lain.

 

4. Api

 

 

Dalam mitologi Tiongkok, api dilambangkan dengan makhluk mitologi The Red Phoenix atau burung phoenix api. Sama seperti api yang menyala terang, pemilik unsur ini memiliki energi yang besar, kuat, gigih, dan mudah berbaur. Pemilik elemen ini juga suka dihadapkan pada tantangan, dan gemar bertualang demi mencari pengalaman. Mereka juga dikenal hangat, memiliki kreatifitas tinggi, persuasif, karismatik, punya semangat tinggi serta senang menciptakan sesuatu. Sayang, mereka juga dikenal tidak sabar, senang mencari perhatian, manipulatif, kurang empati, impulsif, mudah berubah pendirian, serta bergantung pada kehadiran orang lain.

 

5. Tanah

 

 

Dalam mitologi Tiongkok, unsur tanah dilambangkan dengan makhluk mitologi The Yellow Dragon atau naga emas. Sama seperti tanah, pemilik unsur ini gemar menjadi mediator, suka hidup yang stabil, serta terlahir sebagai pencinta kedamaian. Selain itu, mereka juga dikenal hangat, logis, praktis, bertanggung jawab, pintar mengatur rencana, gigih, protektif, memiliki empati yang tinggi, peduli pada sekitar serta suka menolong orang lain. Di sisi lain mereka bisa berubah menjadi egois ketika mereka tahu mereka sedang dibutuhkan, keras kepala, konservatif, pendiam, tak suka mengambil risiko, serta suka mengatur.

 

Shio:

Tikus:

Sebagai shio pertama yang berada dalam urutan, tikus merepresentasikan kebijaksanaan. Pemilik shio tikus biasa dikenal rajin, berkemauan keras, serta ingin selalu menjadi pemenang. Mereka yang lahir di tahun tikus juga dikenal cerdik, fleksibel, dan punya daya tarik, namun tak suka berada di bawah tekanan, pemalu, keras kepala, mudah cemburu, dan mudah marah. Cocok dengan shio naga dan monyet.

 

Kerbau:

Menurut kisah legendaris Tiongkok, The Great Race, kerbau seharusnya menjadi pemenang perlombaan dan menduduki peringkat pertama dalam urutan shio karena kerbau adalah binatang yang rajin. Namun sayang, ia mudah ditipu sehingga kemenangannya diambil oleh sang tikus. Dalam kepercayaan Tiongkok, kerbau melambangkan ketekunan. Mereka yang memiliki shio kerbau biasa dikenal berpendirian kuat, memiliki tujuan hidup yang jelas, sangat detail, pekerja keras, bisa diandalkan, serta protektif. Sayang, mereka juga dikenal keras kepala, introvert, serta mudah merasa insecure. Cocok dengan shio ular dan ayam.

 

Macan:

Di Tiongkok, macan dipercaya sebagai lambang keberanian. Mereka yang lahir di tahun macan dikenal ramah, punya banyak teman, kompetitif, charming, dan terlahir sebagai pemimpin berkat kepercayaan dirinya yang tinggi serta kemampuannya yang baik dalam mengambil keputusan. Di sisi lain, mereka juga dikenal sombong, otoriter, moody, tidak sabar, mudah terbawa emosi, dan terlalu narsis. Cocok dengan shio kuda dan anjing.

 

Kelinci:

Kelinci melambangkan kesehatan dan umur panjang. Mereka yang terlahir dengan shio kelinci biasanya senang berkumpul bersama sahabat-sahabat terdekat dan keluarga. Pemilik shio ini juga dikenal populer, baik hati, jujur, mencintai kedamaian, ramah, penengah masalah, dan senang mencari solusi. Namun, mereka juga dikenal melankolis, menyimpan dendam, suka memaksa, dan kurang suka bersosialisasi dengan orang baru. Cocok dengan shio kambing dan babi. Psst, di Vietnam, shio kelinci diganti dengan shio kucing. Gemas, ya!

 

Naga:

Naga adalah satu-satunya hewan legendaris yang masuk dalam urutan shio. Sebagai hewan legendaris yang dikenal sangat kuat, mereka yang terlahir dengan shio naga biasa dikenal sangat energik, baik hati dan suka menolong. Di Tiongkok, naga juga dipercaya melambangkan keberuntungan, maka dari itu banyak orang Tiongkok yang mengatakan bahwa mereka yang lahir di tahun naga akan sukses di kemudian hari. Selain itu, mereka yang lahir di tahun naga juga dikenal memiliki kemampuan memimpin yang baik, kuat, inovatif, pemberani, serta humoris. Di sisi lain, mereka juga dikenal egois, sombong, mudah marah, tak suka mendengarkan pendapat orang lain, dan terlalu percaya diri. Cocok dengan shio monyet dan tikus.

 

Ular:

Di Tiongkok, ular merepresentasikan kelembutan. Mereka yang memiliki shio ular dikenal bijaksana, pandai menyimpan rahasia, cerdas, memiliki daya tarik tinggi, dan simpatik, Sayangnya, mereka juga dikenal terlalu introvert, sering merasa insecure, mudah iri, pemalas, serakah, serta arogan. Cocok dengan shio ayam dan kerbau.

 

Kuda:

Menurut legenda Tiongkok, kuda melambangkan kebebasan. Sebagai pemilik shio kuda, mereka dikenal energik, mandiri, suka traveling, pandai membuat keputusan, memiliki tujuan hidup yang jelas, aktif, populer, namun tidak sabar, egois, arogan dan terlalu percay diri. Cocok dengan shio anjing dan macan.

 

Kambing:

Di Tiongkok, shio kambing justru lebih dikenal sebagai shio domba, dan dalam legenda mereka, kambing dikenal melambangkan harmoni atau kebersamaan. Mereka yang lahir di tahun kambing suka dengan kesendirian, kreatif, suka berimajinasi, mementingkan penampilan, memiliki pribadi yang tenang, sopan, dan memiliki selera yang tinggi. Sayang, mereka juga dikenal kurang terorganisir, mudah merasa insecure dan mudah cemas, membutuhkan dukungan orang lain, pemalu, pesimis, lamban, dan tidak realistis. Cocok dengan shio babi dan kelinci.

 

Monyet:

Dalam kepercayaan Tiongkok, monyet melambangkan kebahagiaan. Mereka yang terlahir dengan shio monyet gemar mencari kesenangan, sering menjadi life of the party, energik, fleksibel, bijaksana, cerdik, banyak akal, karismatik, loyal dan kreatif. Di sisi lain, pemilik shio monyet juga dikenal ceroboh, egois, mementingkan diri sendiri, tidak setia, arogan, pemalas, dan tidak bisa diam. Cocok dengan shio naga dan tikus.

 

Ayam:

Menurut legenda Tiongkok, ayam melambangkan ketelitian. Mereka yang lahir di tahun ayam dikenal praktis, bisa diandalkan, suka menganalisis, jujur, perfeksionis, pekerja keras, serta mandiri. Sayangnya, pemilik shio ini juga dikenal konservatif, arogan, mementingkan diri sendiri, gemar berpikir negatif, serta sulit diatur. Cocok dengan shio kerbau dan ular. 

 

Anjing:

Di Tiongkok, anjing dikenal sebagai lambang loyalitas. Mereka yang memiliki shio anjing dikenal sangat setia, jujur, memiliki banyak teman, baik hati, bertanggung jawab, serta pandai dalam berbisnis, namun mereka sulit menemukan pasangan yang tepat, "penjilat" yang ulung, sensitif, temperamen, keras kepala, dan kurang disiplin. Cocok dengan shio macan dan kuda.

 

Babi:

Sebagai hewan yang berada di urutan terakhir dalam shio, babi melambangkan sifat rendah hati. Mereka yang terlahir di tahun babi dikenal akan keramahan dan ketulusan hatinya, sopan, suka menolong, easygoing, jujur, bisa dipercaya dan tulus. Sayangnya, mereka juga dikenal sombong, keras kepala, naif, mementingkan diri sendiri, materialis serta pemalas. Cocok dengan shio kelinci dan kambing. 

 

Bagaimana? Apakah kamu sudah lebih mengenal karateristikmu sekarang?

 

 

(Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Tarik Haiga on Unsplash, GIPHY, TENOR)

 

 

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
100%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

264 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
saidmunzir AI Attas 10 September 2019 | 05:17:29

menurut legenda tiongkok ayam melambaikan shio

Indosat Crooot 30 August 2019 | 11:32:57

menurut legenda tiongkok , ayam melambangkan ketelitian

Muhammad Badrun 19 August 2019 | 21:03:35

bagi yg beragama islam jangan percaya sama namanya shio

anji ae 18 August 2019 | 16:13:00

kalau tidak ada bukti bisa panjang ini ntar mana bukunya

Bayy_ officialL 18 August 2019 | 15:26:01

tapi saya tidak punya shio apapun saya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top