Riset: Jam Masuk Sekolah Agak Siang Bisa Tingkatkan Nilai Pelajar SMA

17 December 2018 by
Riset: Jam Masuk Sekolah Agak Siang Bisa Tingkatkan Nilai Pelajar SMA

Sebuah riset menemukan bahwa jam masuk sekolah yang agak siang bagi pelajar SMA di Amerika Serikat bisa membantu meningkatkan nilai mereka. Riset yang hasilnya telah dipublikasikan di jurnal Science Advances ini menemukan bahwa para pelajar yang jam masuk sekolahnya agak siang berhasil mengalami peningkatan nilai dan tingkat kehadiran yang lebih baik.

Dalam riset ini, tim peneliti mempelajari beberapa sekolah di Seattle, Amerika Serikat, yang memundurkan waktu jam masuknya jadi 55 menit lebih lambat. Hal itu memberi kesempatan bagi peneliti untuk mempelajari efek dari tidur lebih banyak bagi para pelajar.

Para peneliti menemukan bahwa jam masuk yang lebih siang membuat para pelajar bisa mendapat tidur yang cukup dan membantu mereka mendapat nilai yang lebih baik di sekolah. Selain itu, para pelajar juga memiliki tingkat kehadiran yang lebih baik.

Dalam riset ini tim peneliti mempelajari para pelajar SMA tahun kedua dari dua SMA berbeda, yakni Roosevelt High dan Franklin High. Para pelajar dimonitor selama satu minggu sebelum dan satu minggu sesudah waktu jam masuk berubah. Perbedaan yang para peneliti temukan cukup mencolok.

Para peneliti menemukan adanya peningkatan rata-rata durasi tidur dari para pelajar sekitar 34 menit sesudah jam masuk menjadi lebih lambat. Sebelumnya rata-rata durasi tidur para pelajar adalah enam jam 50 menit, setelahnya menjadi tujuh jam 24 menit.

Perubahan ini masih jauh dari durasi delapan jam yang menjadi waktu rekomendasi lamanya tidur bagi anak remaja. Tapi peningkatan durasi tidur menunjukkan para pelajar menjadi lebih aktif dan penuh perhatian di kelas.

"Kami melakukan riset terhadap durasi tidur para pelajar dari dua SMA," kata Horacio de la Iglesia, peneliti dalam riset ini, dikutip dari IFL Science.

"Riset ini menggunakan jam untuk menghitung aktivitas yang bisa memberikan penilaian akurat atas kapan para pelajar tidur dan bagaimana tidur berpengaruh pada mereka saat terjadi perubahan jadwal ini," paparnya.

Horacio menjelaskan bahwa penambahan durasi waktu tidur sangat signifikan bagi perkembangan serta performa para pelajar. Tim peneliti melaporkan rata-rata terjadi peningkatan nilai para pelajar di kedua sekolah sebanyak 4,5 persen.

IFL Science melansir, sekarang ini banyak anak remaja yang mengalami kurang tidur kronis. Ritme sirkadian mereka membuat para remaja mulai mengantuk lebih malam dibanding orang dewasa. 

Banyak ahli dan organisasi kesehatan seperti American Academy of Pediatrics berpendapat bahwa jam masuk sekolah seharusnya mulai lebih siang. Dan hasil riset ini semestinya bisa menjadi bukti atas manfaat jam masuk sekolah yang lebih siang.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

893 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
fahmy masyhuri aly 12 June 2019 | 05:42:11

sma saya masuknya jam 8

Darmat 15 09 June 2019 | 13:39:43

diatur aja lah supaya siswa bisa nyaman dan lebih pintar

Rara Lisyanty 29 May 2019 | 18:53:08

bener klo terlalu pagi konsentrasi belum maksimal

Dope XZ 27 May 2019 | 15:41:35

mantap seklai kalu masuknya agak siang kan lumayan

Aang Sulaeman 27 May 2019 | 14:32:49

Kalau disini masih gelap gulita sudah harus berangkat berarti nanti biaa nurunin nilai

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top