Seperti Flashback Ke Masa Kecil, Pejalan Kaki Mencoba Permaian Tradisonal Yang di Gambar di Trotoar

20 May 2019 by
Seperti Flashback Ke Masa Kecil, Pejalan Kaki Mencoba Permaian Tradisonal Yang di Gambar di Trotoar

 

Permainan tradisional saat ini sudah mulai ditinggalkan dan cenderung memilih permainan-permainan modern.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa dipermainan tradisional menyimpan banyak makna, seperti memupuk kebersamaan, belajar bersosialisasi hingga dari segi kesehatan.

Jika dilihat dari banyaknya permainan tradisional dulu, sebagian besar ini menuntut para pemainnya melakukan banyak gerakan tubuh sehingga membuat tubuh juga aktif.

Dari banyaknya permainan tradisional yang kini sudah mulai ditinggalkan, permainan engklek ternyata masih membekas pada sebagian orang - orang yang dulunya waktu kecil gemar bermain permainan loncat meloncati kotak ini.

Hal ini terbukti dari sebuah eksperimen yang dibuat oleh Koalisi Pelajan Kaki yang menggambar permainan engklek atau sunda manda di trotoar Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

nostalgia semasa kecil bermain engklek
www.facebook.com

Dilansir dari kompas.com, eksperimen ini dipantau dengan kamera dari ketinggian. Dari hasil pantauan tersebut, diketahui banyak para pejalan kaki yang iseng mencoba mengulang masa kecilnya melompat-lompat kotak yang telah digambar diatas trotoar itu.

Menurut ketua Koalisi Pejalan Kaki, Alfred Sitorus, ide awalnya membuat eksperimen permainan tradisional diatas trotoar ibu kota ini untuk mengingatkan masyarakat tentang permainan yang erat hubungannya dengan pejalan kaki.

Jadi begini, salah satu ide itu sebenarnya muncul ketika ada sebuah permainan, yang dulu sudah lama, sudah jarang sekali, dan itu memang erat dengan pejalan kaki sebenarnya. Kami coba kembalikan ingatan masyarakat.

Ia melihat sekarang banyak para pejalan kaki generasi'80-an dan '90-an, sekarang ini lebih disibukkan urusan gadget yang selalu dibawa di tangannya. Menurutnya hal ini dinilai menghilangkan esensi jalan kaki yang sebenarnya.

Mobilitas masyarakat di Jakarta itu sekarang ini masyarakat Jakarta sudah banyak sekali dengan hiruk-pikuk gadget-nya. Apakah masih ngeh dengan permainan seperti ini yang memang itu sudah dilakukan tanpa adanya beban.

bermain engklek di trotoar
www.instagram.com

Dan hasil yang didapatkan, tenyata banyak dari pejalan kaki merasa bahagia juga senang bisa memanfaatkan hiburan sederhana itu.

Ternyata masyarakat perlu hiburan yang simpel, yang bikin mereka bahagia, yang bikin mereka ceria, dan ini bisa menimbulkan masyarakat untuk lebih berjalan kaki. Hal-hal seperti ini yang coba kita tumbuhkan

Tak bisa dipungkiri bahwa permainan tradisional yang digambar diatas di trotoar ini sangat menarik antusias para pejalan kaki.

Banyak pula di antara mereka yang mengaku berhasil menghilangkan stres setelah seharian berkutat dengan pekerjaan di kantor.

 
 
 
View this post on Instagram

#pejalankakibahagia #pejalankakiceria #tamasyatrotoarkita

A post shared by Koalisi Pejalan Kaki (@koalisipejalankaki) on

Keren juga ya idenya, bisa memflash back kenangan masa kecil para pejalan kaki khususnya generasi 80 dan 90an untuk bernostalgia memainkan permainan engklek ini.

Jika

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

263 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Muhammad Ihsan 27 May 2019 | 04:47:46

permainan tersebut memang seru ya bro

Ayak Andy 24 May 2019 | 08:23:29

permainan tradisional menyimpan banyak makna

Randi Pangalila 23 May 2019 | 20:13:03

teringat masa muda nya kevuali yah

Ade Pradana 23 May 2019 | 16:11:57

mantap kali lah kaki bikin permain

kaka 23 May 2019 | 14:29:07

mainan cewek tuh emang bikin nostalgia ya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top