home ×
Lifestyle

Sparta di Mata Deddy Corbuzier, dan 5 Jenis Anjing yang Bukan untuk Pemula

17 September 2019 By
Sparta di Mata Deddy Corbuzier, dan 5 Jenis Anjing yang Bukan untuk Pemula
Suara

Ramai kasus meninggalnya Asisten Rumah Tangga (ART) Bimo Aryo diterkam anjing peliharaannya yang berjenis Belgian Malinois, Sparta. Deddy Cobbuzier pun memberikan pandangannya di akun Youtube tunangannya Sabrina Chairunnisa.

Dalam video tersebut ia menjelaskan sebagai dog lover dan orang yang pernah dikenalkan dan bertemu dengan Sparta, menurutnya ada jenis anjing yang butuh pengawasan lebih dan pelatihan yang benar. Seperti halnya jenis anjing Belgian Malinois, yang memiliki karakter one man dog seperti Sparta.

Menurut Deddy Corbuzier, anjing ini jenis penyerang dan mengalami neurotik dan gangguan kecemasan jika tidak ada pemilik atau alphanya.

"Kenapa Bimo Arya milih anjing ini karena jenis anjing ini sangat nempel sekali dengan pemiliknya, nurut sekali karena jenis one man dog. Saya pernah masukkin tangan ke mulut Sparta dan baik-baik saja, karena saat itu ada Bimo," kata Deddy Corbuzier.

Dia pun berharap, peristiwa ini tidak berdampak pada anjing-anjing di luar, artinya tidak berlebihan dengan menganggap semua anjing berbahaya.

"Banyak yang enggak tahu, ini cuma kurang informasi bahwa tidak semua anjing adalah anjing berbahaya. Misalnya snowa dan snowi (nama anjing Bimo Arya lainnya), anjing ini jenis Golden Retriever yang sampai kapan dan bagaimanapun tidak akan nyerang orang, tidak akan berbahaya," katanya.

Perlu diketahui, Bimo Arya juga memiliki anjing jenis Golden Retriever yang merupakan anjing dengan karakter bersahabat, cerdas, mudah dilatih, dan selalu sabar serta mempunyai sifat setia. Jenis ini adalah anjing keluarga yang populer.

Awal Aryo Bimo Mengadopsi Sparta

Sedikit flashback pada cerita pertama Aryo Bimo kenapa memelihara jenis anjing Belgian Malinois, pun terungkap dari konten Youtube di akun milik Bimo Aryo yang berjudul "Jangan Beli Anjing Jenis Sparta dan Anubis" di channel The Golden Family.

Dalam video tersebut ia bercerita awal mula mengadopsi Sparta di video tersebut, tanpa mempelajari sifat anjing tersebut, hingga akhirnya ia pernah digigit di bagian dada hingga bolong. Ia pun mencari tahu dan mengetahui karakter anjing ini hanya bisa dimiliki oleh profesional. Bimo pun sempat ingin mengembalikannya, namun entah kenapa ada panggilan hati yang mengatakan ia harus belajar, berusaha dan mencoba.

"Akhirnya saya putuskan untuk sabar menghadapinya, mengajarinya. Sparta nggak bisa dengan suara-suara kencang, suara mobil bokap gue masuk Sparta langsung gigit ban mobilnya, sepeda dan motor saya juga digigit. Jenis anjing ini juga nggak bisa ditinggal, saya tinggal jalan 3 meter saja udah lari ke saya marah, tapi sekarang ini adalah hasil pelatihan panjang untuk menguasainya dan usaha yang panjang," katanya.

Ia pun menyarankan agar tidak memelihara anjing berjenis ini, karena sangat aktif dan tak bisa bisa diam dan sangat memproteksi pemiliknya. "Misalnya ada yang memukul saya, bahkan hanya untuk bercanda, sparta bisa marah. Jadi saran saya jangan pelihara jenis anjing ini karena penting untuk kalian," katanya.

Sparta dan 4 Jenis Anjing yang Tidak Disarankan untuk Dog Lover Pemula

Untuk mengetahui jenis anjing apa yang paling tidak disarankan untuk dipelihara dog lover pemula, Suara.com mewawancarai Jimmy, dog lover yang juga memiliki 2 pitbull dan 1 doberman menuturkan 5 jenis anjing yang banyak dijumpai di Indonesia, tapi tidak disarankan untuk dog lover pemula atau yang bukan profesional adalah pitbull, doberman, rottweiler, german sheperd (herder), dan belgian malinois.

Menurutnya jenis anjing tersebut merupakan anjing penjaga atau pekerja jadi dari segi energi fisik, mental, kekuatan, kewaspadaan itu lebih tinggi daripada anjing lainnya, maka tingkat kebutuhan latihan seperti latihan stimulasi mental dan psikisnya juga jauh lebih tinggi daripada anjing lainnya.

"Latihan stimulasi mental dan psikis itu mencakup bagaimana kita mengajarkan aturan dan batasan untuk mana yang mereka boleh dan mana yang tidak. Latihan bersosialisasi untuk bagaimana mereka harus berprilaku ke manusia dan juga hewan lain serta memberikan mereka pekerjaan atau kesibukan, seperti rutin untuk membawa mereka berjalan, latihan kepatuhan, latihan fisik dan sebagainya," jelas Jimmy.

Dog Lovers membawa anjing peliharaan mereka berjalan-jalan dan latihan kepatuhan, serta latihan fisik. (Dok Bark Syndicate)
Dog Lovers membawa anjing peliharaan mereka berjalan-jalan dan latihan kepatuhan, serta latihan fisik. (Dok Bark Syndicate)

Ia pun menanggapi kasus anjing gigit ART milik Bimo Aryo mempengaruhi komunitas dog lover, atas musibah tersebut pastinya sedikit banyak dapat mempengaruhi image dari seekor belgian malinois dan pemiliknya, sama seperti halnya pitbull yang selalu menjadi sorotan untuk kasus penyerangan.

"Dalam hal ini, saya bersama rekan-rekan dog lover pun mengedukasi masyarakat dan dog lover untuk mengenal naluriah insting dari jenis anjing dan segala sesuatu perihal seputar dunia anjing di akun youtube Bark Syndicate. Semua tinggal tergantung bagaimana cara kita memperlakukan mereka (anjing)," jelasnya.

Dalam hal ini Sparta milik Bimo Aryo, termasuk jenis anjing yang bukan untuk dog lover pemula, seperti yag juga diungkapkan Deddy Corbuzier. 

 

Berita Terkait:

243 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
꧁༒Hunter༒꧂, 26 October 2019 | 17:42:36

*nj*ng ini harus punya perawatan yang khusus

Wafa Aja 25 October 2019 | 11:38:37

anjingnya bagus bang

pejuang 14 October 2019 | 10:34:30

*nj*ng ini harus punya perawatan yang khusus

Riyan Kurniawan 10 October 2019 | 17:37:05

anjg nya serem banget keren si takut liatnya

Agung Mulyawandi 09 October 2019 | 08:12:55

anjg nya serem banget keren si takut liatnya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article