Studi: Gaji Pria Lebih Tinggi Dibandingkan Wanita Secara Global

18 May 2018 by
Studi: Gaji Pria Lebih Tinggi Dibandingkan Wanita Secara Global

Uzone.id - Korn Ferry, sebuah firma organizational consulting global berusaha meneliti perbedaan gaji antara pria dan wanita. Hasilnya, secara global, pria memperoleh gaji rata-rata 16,1 persen lebih tinggi dibandingkan wanita.

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis gaji lebih dari 12,3 juta karyawan di 14.284 perusahaan di 53 negara di seluruh dunia. Meski gaji pria lebih tinggi daripada wanita, peneliti menemukan bahwa ketika menganalisis posisi pekerjaan yang sama, misalnya level direktur, kesenjangan menurun menjadi 5,3 persen secara global.

Sedangkan pada posisi pekerjaan yang sama di perusahaan yang sama, kesenjangan ini semakin menurun menjadi 1,5 persen. Ketika karyawan pria dan wanita berada pada posisi pekerjaan yang sama di perusahaan yang sama serta bekerja di fungsi yang sama, maka perbedaan gaji mereka adalah 0,5 persen secara rata-rata.

via GIPHY

Di Asia, kesenjangan gaji antara pria dan wanita secara keseluruhan semakin lebar di negara-negara maju, bahkan lebih tinggi dari angka kesenjangan secara global, yaitu 19,3 persen.

Sedangkan perbedaan gaji di negara-negara berkembang (Tiongkok, India) dan negara yang sedang berkembang pesat (Indonesia, Vietnam), perbedaannya sedikit lebih rendah yaitu 14,4 persen dan 11,5 persen.

Pada posisi pekerjaan yang sama, perbedaan ini turun menjadi 6 persen di negara-negara maju, 4,9 persen di negara-negara berkembang, dan 2,2 persen di negara-negara yang sedang berkembang pesat.

Di Indonesia, rata-rata perbedaan gaji antara pria dan wanita adalah 5,3 persen. Hal yang menarik adalah pada level yang sama, karyawan wanita diuntungkan dengan perbedaannya negatif, yaitu -1,2 persen. Pada job level yang sama di perusahaan yang sama, perbedaannya -1,7 persen, yang mana sekali lagi hal ini menguntungkan karyawan wanita.

via GIPHY

Ketika karyawan pria dan wanita berada di posisi pekerjaan yang sama di perusahaan yang sama serta bekerja di fungsi yang sama, rata-rata perbedaan gaji ini tetap menguntungkan karyawan wanita yaitu -4,1 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa akar permasalahan perbedaan gaji antara pria dan wanita bukan karena wanita dan pria tidak memperoleh gaji yang semestinya pada posisi pekerjaan yang sama, melainkan lantaran ada ketidakseimbangan tenaga kerja.

Salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini adalah lebih banyak pria berada pada posisi senior manajemen perusahaan di sektor dan fungsi pekerjaan yang bergaji lebih tinggi, sedangkan wanita lebih banyak berada pada posisi pekerjaan yang di luar itu di perusahaan.

Apa Reaksi Anda ?

Love
70%

Suka

Laugh
11%

Lucu

Surprised
16%

Kaget

Sad
3%

Sedih

Angry
0%

Marah

541 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
septian sanjani 08 September 2019 | 15:29:47

ternyata gaji pria lebih besar daripada wanita

La La Love 05 September 2019 | 23:13:28

mungkin pekerjaan pria lebih berat daripada wanita

Isty Awan 04 September 2019 | 20:38:29

ya memang betul nih dan ada alasan pastinya

Alexander Olis 04 September 2019 | 15:35:02

pastinya karena mayoritas pekerja adalah kaum pria.

Muhammad Dimas 03 September 2019 | 17:18:09

karena tugas pria yang utama adalah mencari nafkah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top