Tentang Lupus, Penyakit yang Diidap Selena Gomez

02 September 2016 by
Tentang Lupus, Penyakit yang Diidap Selena Gomez
| 02 September, 2016 13:05

Anda tentu mengenal Toni Braxton, pelantun lagu Unbreak My Heart. Baru-baru ini beredar kabar ia masuk rumah sakit karena penyakit lupus. Ini bukanlah pertama kali, pada 2012, dia pernah dirawat di rumah sakit di Los Angeles karena penyakitnya itu.

Selain Braxton, penyanyi muda kenamaan Selena Gomez pun dikabarkan menderita penyakit yang sama. Akibat penyakit Lupus, mantan kekasih Justin Bieber itu dikabarkan cuti dari panggung hiburan.

Lupus memang penyakit yang hampir 90 persen diderita oleh peremouan dan sebagiannya mendapat gejala pertama waktu mereka masih anak-anak, demikian data dari American Lupus Foundation.

Lupus itu sendiri, adalah penyakit kronis di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan dan menyerang jaringan normal di dalam tubuh, seperti sendi, kulit, ginjal, sel-sel darah dan jantung dan paru-paru. Ada berbagai jenis lupus dan gejalanya berbeda-beda pada tiap orang. Misalnya, bekas luka di wajah penyanyi Seal diduga dari jenis lupus yang hanya mempengaruhi kulit.

Menurut Sasha R. Bernatsky, MD, Ph.D., M.Sc., asisten profesor kedokteran di Rumah Sakit Royal Victoria di Ontario, Kanada dan anggota dari American Lupus Foundation, “Gejala lupus muncul kadang-kadang tanpa alasan yang dapat diidentifikasi. Beberapa pasien lupus percaya bahwa stres memperburuk gejala mereka. Banyak dokter menganggap bahwa infeksi bisa berkontribusi untuk memicu sebuah gejala lupus. Sistem kekebalan tubuh adalah senjata untuk melawan infeksi, tanpa pandang bulu juga menyebabkan lupus menjadi lebih aktif.”

Kehamilan dan berhenti minum obat juga dapat memicu kekambuhan. “Rawat inap untuk lupus mungkin diperlukan dalam beberapa kasus gangguan ginjal yang parah atau jika penyakit ini mempengaruhi jantung dan paru-paru.”

Sampai saat ini, seperti dilansir Meet Doctor setelah ditinjau dr Adnan Yusuf, belum diketahui secara pasti apa penyebab lupus. Para ahli percaya, kombinasi antara genetik dan lingkungan berperan kuat.

Tidak ada pemeriksaan tunggal untuk menegakkan diagnosa lupus. Tapi, tes darah yang menunjukkan keberadaan antibodi tertentu bisa dilakukan untuk mengindentifikasi adanya penayakit itu atau tidak.

Selain hasil tes darah positif, pasien juga harus memiliki manifestasi fisik pertanda lupus untuk bisa menegakkan diagnosis, seperti arthritis inflamasi, beberapa jenis ruam, atau masalah ginjal.

Tidak ada obat ajaib untuk lupus namun ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengelola penyakit ini dan menangkal komplikasi.

1. Minum obat secara teratur

Dokter sering meresepkan kortikosteroid, seperti prednison, metilprednisolon dan prednisolon. Obat-obat lain termasuk obat anti malaria (yang paling umum adalah obat yang disebut hydroxychloroquine), non-steroid anti-inflammatory (NSAID) atau obat antiradang nonsteroid, dan kadang-kadang obat jenis immuonosuppressive, seperti azathioprine, mycofenolate, dan methotrexate.

2. Gerakan tubuh Anda

“Untuk hampir semua pasien penyakit kronis, olahraga dapat menjadi faktor yang sangat penting untuk memenej kondisi kesehatan pribadi,” kata Dr Bernatsky. Olahraga dapat membantu memerangi banyak masalah kesehatan yang pasien lupus hadapi, misalnya kelebihan berat badan, kelelahan, dan masalah dengan tekanan darah dan kolesterol tinggi.

3. Konsumsi vitamin

“Beberapa bukti menunjukkan bahwa vitamin mungkin memainkan peran dalam memengaruhi autoimunitas,” kata Dr Bernatsky. Misalnya, kekurangan vitamin D dapat menghambat fungsi kekebalan tubuh, yang bisa sangat berbahaya bagi penderita lupus. Penelitian lain menemukan bahwa asam lemak omega-3 bisa membantu melawan peradangan kronis. Karena itu,  konsumsi minyak biji rami dan minyak ikan dengan dosis yang sesuai merupakan cara untuk tetap sehat bagi orang-orang yang sedang berjuang dengan penyakit autoimun seperti lupus.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
UZoner 04 December 2018 | 13:25:40

cantik cantik banyak penyakitnya sih mbak

Argo Freak 12 November 2018 | 21:57:23

dapat dicegah dengan hidup yang sehat

Adi Santoso 19 September 2018 | 13:22:17

teruntuk kakak Selena Gomez tetap semangat ya kakak

Hafiz 1927 19 September 2018 | 09:26:40

sabar ya kakak semua pasti ada hikmahnya tersendiri

Abdullah Hafiz Al Ghazali 19 September 2018 | 06:21:11

tentang kita berdua telah usai jangan kau sesali sayank

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top