Ternyata Kita Bisa Membuat Kopi Nikmat ala Barista, Ini Tipsnya!

06 December 2018 by
Ternyata Kita Bisa Membuat Kopi Nikmat ala Barista, Ini Tipsnya!

Bagi pencinta kopi, membuat kopi sendiri di rumah saat pagi hari adalah hal ternikmat dalam menikmati awal hari. Tentunya jika ada peralatan  yang mendukung pasti membuat Anda lebih nyaman membuat kopi sendiri di rumah.

Memang sih, seringkali kita merasa ada rasa spesial yang hadir ketika kopi dibuat oleh seorang barista. Karakter rasa yang tercipta begitu berbeda.

Lalu, apa yang salah? kita bisa saja kok membeli biji kopi asli di kedai kopi lalu membuatnya di rumah. Nah, menyikapi hal ini Alan Christo, Barista Maxx Coffee mengaku sepaham bahwa kopi, bukan sekadar bubuk kopi yang disiram air panas, diaduk, lalu jadi kopi nikmat. Kopi adalah sajian minuman yang unik. Bahkan, barista pun untuk menemukan keunikannya butuh latihan yang cukup lama.

Namun ia tak mengecilkan hati para penikmat kopi untuk membuat kopi nikmat dirumah. Alan berbagi tips dalam membuat rasa kopi yang otentik.

"Sajian kopi tentunya harus diawali dengan biji kopi yang baik. Itu adalah awal untuk menentukan mau rasa seperti apa, agak masam, pahit, creamy, dan sebagainya. Masing-masing biji kopi punya karakter. Dan  satu lagi, kopi itu tidak meningkatkan asam lambung, mungkin jika habis minum kopi asam lambung naik, nah itu minum kopi apa dulu? mungkin bukan langsung dari biji kopi yang digiling," ujarnya saat ditemui Suara.com saat Grand Opening Maxx Coffee di Lippo Mal Kemang, Kamis (6/12/2018).

Bicara membuat kopi nikmat dengan citarasa otentik dirumah, Alan merekomendasikan alat bernama French Press dan Syphone yang ternyata bisa dibeli di banyak e-commerce lokal dengan harga yang terjangkau dan tentunya dengan merek tertentu.

 

Membuat kopi citarasa strong dengan French Press + biji kopi Sulawesi Toraja

Sajian kopi dengan French Press [Suara.com/Ade]
Sajian kopi dengan French Press [Suara.com/Ade]

Alan merekomendasikan biji kopi Sulawesi Toraja karena memiliki tekstur pekat, tebal, dan menghasilkan rasa kopi yang maksimal, dan kuat bila disajikan dengan French Press

"Kita bisa menimbang untuk secangkir kopi, atau takaran French Press itu 20 gram, lalu tambahkan air 300 gram, tunggu ngebrew selama 4 menit, eknapa 4 menit agar kopi semua kopi larut. Setelah itu kita press, atau tekan tuasnya untuk memisahkan ampas dan kopi yang tersaring," ujarnya.

 

Kopi lembut nan creamy dengan Syphone + biji kopi Sumatra Lintong

Alat seduh kopi Syphone [Suara.com/Ade]
Alat seduh kopi Syphone [Suara.com/Ade]

"Pertama siapkan air biasa, Kalau bisa yang sudah cukup panas, siapkan juga 20 gram biji kopi. Keunikan alat ini saat air mendidih, airnya akan naik ke atas, lalu air saringan kopi akan turun dan menyisakan ampas kopi di atas. Nah dianjurkan aduk 1,5 menit dan 10 kali diaduk. Kenapa 10 kali? Nah disini skill barista akan teruji. Setiap adukan itu bisa menghasilkan rasa yang diinginkan, jika adukan asal lebih banyak, rasa bisa melenceng. Tapi tak masalah melenceng, toh Anda bukan barista, wajar," jelasnya.

Perlukah ditambah gula atau susu? Alan dengan tegas menolaknya karena itu akan mengubah total rasa kopi.

"Disarankan sih jangan, rasanya berubah. JIka ditambah susu bisa sih bagi Anda yang suka rasa creamy, tapi akan mirip kopi susu nanti. JIka ingin mungkin saran bisa pesan yang kopi-kopi espresso, latte ice, hazelnut, dan lain-lain," imbaunya.

Tuh, mantul kan saran barista? Selamat mencoba membuat kopi nikmat di rumah!

 

 

Berita Terkait:

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

loading...
669 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Gusdur Darma 16 December 2018 | 16:10:02

makasih banyak info nya mau nyoba di rumah

Nur Hasanah 16 December 2018 | 07:27:33

tips yang bisa dicoba sendiri dirumah

ayeyeye 15 December 2018 | 07:35:59

wah makasih tipsnya sangat bermanfaat sekali

uzoners 15 December 2018 | 05:13:01

saran saya lebih baik beli yang sudah jadi daripada harus bikin sendiri,ribet

fajar cipucang 14 December 2018 | 20:19:08

wah ini nih tips yang di cari2 makasih

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top