THR: Dihabiskan atau Ditabung? Ini Jawaban Dari Ahli

03 June 2018 by
THR: Dihabiskan atau Ditabung? Ini Jawaban Dari Ahli

Yay, akhirnya uang THR turun juga! Hmm, sebaiknya dihabiskan seluruhnya atau ditabung sebagian ya? Bingung, dear? Tenang, Cosmo sudah bertanya pada ahli keuangan Jouska Indonesia soal pertanyaan tersebut. Ini jawabannya!

Menurut Farah Dini Novita, Co-Founder & Vice-CEO Jouska Indonesia, tak menjadi masalah jika kamu ingin menghabiskan seluruh uang THR kamu. Ingat, THR seperti kepanjangannya yaitu Tunjangan Hari Raya, memang diberikan oleh pemberi kerja kepada para pegawainya sebagai dana tambahan untuk menutupi pengeluaran-pengeluaran selama hari raya, termasuk Hari Raya Lebaran. Jadi tak masalah jika dihabiskan, asalkan memang dipakai untuk keperluan hari raya.

Apalagi biaya-biaya selama lebaran biasanya memang besar, termasuk biaya tiket mudik yang harganya bisa melonjak tinggi karena besarnya permintaan. Lalu, bagaimana dengan kamu yang ingin menabung sebagian dananya? Jawabannya: tentu saja bisa! Menurut Farah, bahkan tak peduli seberapa besar jumlah uang THR yang kamu terima, semuanya pasti akan habis dalam sekejap jika kamu tidak merencanakan ke mana uang itu akan kamu alokasikan.

"Nah, bagi kamu yang bertanya-tanya: sebenarnya, berapa besar persentase yang harus saya sisihkan untuk menabung? Jawabannya: jangan gunakan persentase, namun anggarkan sedari awal."

Menurut Tirto, memegang uang - terutama dalam bentuk tunai - dalam jumlah yang besar, memang membuat kamu jadi lebih konsumtif untuk berbelanja. "Maka dari itu, tak peduli apakah uang THR yang kamu terima jumlahnya Rp5 juta atau pun Rp20 juta, kamu biasanya memiliki kecenderungan untuk langsung menghabiskan dana THR," ujar Farah. Tidak salah kok, namun dengan adanya “tambahan” penghasilan tersebut, kamu sebenarnya juga dapat menggunakannya untuk empat hal di bawah ini:

 

Melunasi Utang

Semisal, kamu menerima THR sebesar Rp10 juta, dan kamu masih memiliki utang kartu kredit sebesar Rp3 juta dengan cicilan 12 bulan lagi, kamu bisa melunasi utang tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, cicilan bulanan kamu akan berkurang, dan kamu dapat menabung setiap bulannya. Tentu saja manfaat lainnya adalah kamu tidak perlu membayar bunga secara terus menerus.

 

Membayar Pengeluaran Tahunan

Uang THR juga dapat berfungsi sebagai tambahan tabungan untuk pengeluaran tahunan yang belum disiapkan, lho. Semisal: STNK, PBB, SIM, Asuransi, dan lainnya yang juga membutuhkan biaya cukup besar.

 

Menambah Jumlah Emergency Fund

Jika selama ini Anda tidak sempat menyiapkan emergency fund atau dana darurat, atau selama ini kamu hanya dapat menyisihkan sedikit uang untuk memenuhi tabungan dana darurat, nah, ini saat yang tepat untuk menabung lebih banyak. Gunakan uang THR tersebut agar kamu dapat segera mencapai target jumlah dana idealmu. Jumlahnya sudah terpenuhi? Tak jadi masalah, ditabung saja, lumayan kan, untuk tabungan masa pensiun nanti.

 

Investasi

Dengan adanya uang THR, kamu juga bisa berinvestasi lho. Bingung ingin berinvestasi dengan uang Rp200.000,-? Gunakan saja untuk reksa dana!

 

Sebagai tambahan, menurut Farah, jika kamu memang ingin menabung, maka ingatlah untuk menganggarkannya sedari awal. Gunakan dulu uang THR-mu untuk ditabung, baru setelah itu digunakan untuk keperluan hari raya.

Nah, itu dia tips untuk kamu yang bingung apakah THR sebaiknya dihabiskan atau disimpan sebagian. Kalau kamu, pilih yang mana, dear?

(Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Antonio Guillem©123RF.com )

THR 

Apa Reaksi Anda ?

Love
87%

Suka

Laugh
7%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
7%

Sedih

Angry
0%

Marah

279 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
anton ganteng 21 February 2019 | 17:35:12

lebih baik ditabung kalau gak ada kebutuhan mendesak

Adi Karyadi 21 February 2019 | 16:19:07

kayaknya menurutku lebih baik

Nita Aldianti 17 February 2019 | 14:02:38

kayaknya menurutku lebih baik ditabung

Guh Try 15 February 2019 | 19:28:31

untuk aku juga gapapa lahnaku mah iklas

M 470 RI 26 January 2019 | 04:05:12

gunakan sbijak2nya aja lah

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Recommended For You

To Top