Tidak Percaya Diri Saat Harus Berbicara Dengan Orang Lain? Yuk, Coba 4 Tips Ini!

21 March 2019 by
Tidak Percaya Diri Saat Harus Berbicara Dengan Orang Lain? Yuk, Coba 4 Tips Ini!

Jika Anda sering sakit perut atau keringat dingin saat berbicara dengan orang lain, Anda tidak sendirian. Dilansir dari Huffington Post, sebanyak 75 persen orang dewasa merasa tidak percaya diri saat harus berkomunikasi dengan orang lain. Padahal, Anda tahu bahwa komunikasi itu penting untuk berinteraksi dengan orang di sekitar. Lantas, bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dan percaya diri? Yuk, intip triknya berikut ini.

Cara berkomunikasi dengan orang lain penuh percaya diri

Entah untuk keperluan bisnis atau hanya sekadar berbincang santai, Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik. Pasalnya, cara berkomunikasi Anda inilah yang akan menentukan apakah pesan yang Anda bawa benar-benar tersampaikan dengan baik atau tidak.

Jika Anda keburu takut atau kurang percaya diri saat berbicara, hal ini bisa membuat omongan Anda jadi tidak jelas dan terbata-bata. Akibatnya, pesan tersebut jadi sulit dipahami dan memicu salah persepsi.

Itulah kenapa penting untuk mengetahui cara berkomunikasi yang tepat. Semakin sering Anda berlatih berkomunikasi, maka lama-kelamaan Anda akan semakin percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Bahkan, Anda bisa tampil percaya diri saat harus presentasi di depan orang banyak.

Nah, berikut ini langkah-langkah melatih kepercayaan diri untuk berbicara dengan  orang lain:

1. Latihan berbicara di depan cermin

Langkah awal untuk melatih cara berkomunikasi dengan orang lain adalah bicara sendiri. Dilansir dari Psychology Today, melatih self-talk atau berbicara sendiri bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Berdirilah di depan cermin dan perhatikan mimik wajah Anda sendiri. Mulailah berbicara dengan jelas dan jangan terburu-buru. Anggaplah Anda sedang berbicara dengan teman sendiri.

Hal ini dapat membantu mengetahui alasan dibalik ketakutan Anda terhadap orang lain. Misalnya, Anda tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain karena merasa penampilan Anda tidak menarik. Nah, disini Anda bisa memperhatikan bagian mana yang dirasa kurang menarik, lalu memperbaikinya.

Sedangkan jika Anda takut berbicara karena omongan Anda kurang jelas, Anda bisa memperbaikinya mulai sekarang. Jadi, Anda bisa tahu dimana letak kesalahannya dan menemukan solusinya.

2. Jangan takut salah

berkomunikasi dengan orang tuli

Anda mungkin merasa minder untuk bicara dengan orang lain karena takut salah. Ya, Anda takut bahwa semua yang Anda sampaikan nanti akan dikritik habis-habisan dan membuat nyali Anda ciut.

Kunci penting untuk melatih cara berkomunikasi yang penuh percaya diri adalah jangan pernah takut salah. Ingat, pembawa acara profesional pun pasti pernah mengalami salah bicara, jadi wajar saja jika nantinya Anda keceplosan salah ucap di sela-sela pembicaraan.

Yang terpenting, sampaikan omongan Anda dengan baik dan jelas. Jika nantinya Anda salah bicara atau memicu perbedaan pendapat, segeralah minta maaf dan diskusikan dengan baik. Ketika Anda sudah berani berbicara tanpa takut salah, ini artinya cara berkomunikasi Anda sudah membaik dari sebelumnya.

3. Perbanyak latihan berbicara dengan teman

punya gangguan jiwa

John Grindrod, seorang penulis Concretopia: A Journey Around the Rebuilding of Post-War Britain, mengungkapkan bahwa tingkat kepercayaan diri seseorang dibentuk oleh lingkungan. Jika Anda berada di tengah-tengah orang yang jarang bersuara, maka bisa jadi Anda akan terbawa untuk ikut diam terus-menerus.

Mintalah bantuan teman terdekat Anda untuk berlatih cara berkomunikasi yang baik. Duduklah berhadapan dengan teman Anda, lalu bicarakan hal apapun. Setelah itu, mintalah teman Anda untuk mengoreksi apa yang kurang, misalnya cara bicara yang terlalu cepat, kurang jelas, atau terlalu ngalor-ngidul.

Selanjutnya, cobalah keluar dari zona nyaman dan berbaur dengan teman-teman yang aktif berbicara. Mau tidak mau, Anda akan dipaksa untuk menimpali pembicaraan. Secara tidak langsung, hal ini akan melatih cara berkomunikasi dan bikin Anda lebih percaya diri.

4. Yakin kalau Anda bisa

cara bicara

Wajar saja kalau Anda masih merasa gugup atau takut untuk memulai pembicaraan. Untuk mengatasinya, cobalah atur napas Anda pelan-pelan dan tetaplah tenang.

Bersikap tenang ternyata bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda, lho! Memang tidak mudah, tapi bagaimanapun caranya, yakinkan bahwa Anda bisa untuk berkomunikasi dengan orang lain penuh percaya diri.

Anggaplah setiap lawan bicara sebagai teman, saudara kandung, atau orang yang sering Anda ajak ngobrol. Lama-kelamaan, cara berkomunikasi Anda akan terlatih dan lancar dengan sendirinya. Jangan takut mencoba dan buktikan bahwa Anda bisa berkomunikasi dengan percaya diri di hadapan orang lain.

The post Tidak Percaya Diri Saat Harus Berbicara Dengan Orang Lain? Yuk, Coba 4 Tips Ini! appeared first on Hello Sehat.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

132 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
taram haryadi 31 March 2019 | 22:23:01

mungkin karena aetiap orang berbeda karakternya

Gian Tamaja 31 March 2019 | 07:38:50

harus belajar percaya diri mulai sekarang

Galih Pamungkas 23 March 2019 | 17:28:43

saya juga begitu kalau ketemau orang baru mes ti gugup apa lagi kalau cewekcowok

JordanWong 23 March 2019 | 12:27:20

mw dapet gems free fire gan

Razaf Maulana 23 March 2019 | 09:37:36

kena tidak percya diri pas bicara dengan orang lain

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top