home ×
Lifestyle

Tips Belanja Hemat untuk Ibu Rumah Tangga

07 May 2017 By
Tips Belanja Hemat untuk Ibu Rumah Tangga
Suara

Ibu rumahtangga sering disebut juga menteri keuangan keluarga. Pasalnya, seorang istri dan juga ibu, acapkali didapuk menjadi pengelola anggaran rumahtangga supaya kebutuhan keluarga bisa terpelihara dan sejahtera dengan pendapatan yang dihasilkan.

Kendati tugas serupa juga bisa saja dijalankan oleh seorang kepala rumahtangga, kebanyakan rumah di Indonesia menyerahkan pengelolaan anggaran keluarga pada sosok istri atau ibu. Tidak heran bila seorang istri atau ibu banyak dituntut agar mampu mengelola anggaran keluarga dengan baik.

Salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai oleh seorang ibu rumahtangga yang berperan layaknya manajer keuangan keluarga adalah memaksimalkan penggunaan anggaran yang tersedia sebesar-besarnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Strategi berhemat dalam membelanjakan anggaran pun perlu dikuasai.

Berikut beberapa tip dan trik penting belanja hemat dari Halomoney.co.id yang bisa diterapkan oleh ibu para rumahtangga:

Susun perencanaan anggaran
Menyusun perencanaan anggaran akan membantu Anda mengelola keuangan keluarga dengan optimal. Biasakan mencatat nilai pendapatan dan pengeluaran yang terjadi. Lebih tepat lagi bila semua rencana pendapatan dan pengeluaran telah Anda susun sebelum menerima gaji bulanan. Alokasi anggaran sesuai peruntukan dan berusahalah disiplin menjalankannya.

Belanja dengan membawa daftar
Belanja terlalu sering dan impulsif hanya akan membuat pengeluaran Anda mudah bocor dan boros. Biasakan menjadwalkan acara belanja untuk kebutuhan keluarga maupun pribadi secara terencana. Misalnya, belanja bulanan setiap satu bulan sekali. Belanja kebutuhan bahan makanan yang segar sepekan sekali. Lalu, belanja kebutuhan sandang atau fashion cukup dua bulan sekali.

Manfaatkan promo mingguan
Setiap Jumat jelang akhir pekan, kebanyakan supermarket atau hypermarket menggelar promo yang bisa Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Barang yang biasa dipromosikan juga sebagian besar berupa barang kebutuhan rutin rumahtangga mulai dari minyak goreng, gula, sampai sabun dan shampoo.

Selalu survei harga sebelum belanja
Surveilah harga barang yang hendak Anda beli minimal di 3 toko berbeda sebelum mengeksekusi pembelian. Manfaatkan internet untuk meriset harga barang yang hendak Anda beli untuk mendapatkan tawaran terbaik.

Optimalkan pemakaian kartu kredit
Beberapa produk kartu kredit banyak memberikan promo menarik bagi mereka yang sering berbelanja kebutuhan keluarga secara rutin. Promo bisa berupa diskon harga, vocer sampai berupa poin rewards. Optimalkan kartu kredit yang Anda miliki untuk membantu menghemat belanja rumahtangga.

Artikel ini bekerjasama dengan Halomoney.co.id

 

 

Berita Terkait:

9 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
MDR Lovers 19 October 2019 | 11:23:22

waw itu contoh cara belanja

Pelangi Warnawarni 18 October 2019 | 15:54:52

wah patut di contoh cara hemat uang belanja

Charlot Katakuri 07 October 2019 | 14:33:44

intinya kalo ingin hemat itu jangan boros

Danu Setiawan 06 October 2019 | 07:53:35

harus hemat yah kalo udah rumah tangga mah

Wijanarko 05 October 2019 | 22:16:46

yang kayak gini bikin puyeng para ibu ibu

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article