Tips Menabung Saham untuk Generasi Milenial

12 May 2019 by
Tips Menabung Saham untuk Generasi Milenial

Kebiasaan berbelanja dengan kartu kredit diklaim sebagai salah satu penyebab generasi milenial kesulitan berinvestasi, termasuk menabung saham. Sebab, dengan kartu kredit, mereka dapat dengan leluasa berbelanja melebihi kebutuhannya.

"Kerja sudah lama tapi tidak punya aset. Tiga tahun bekerja di bank internasional hanya untuk cicilan kredit," kata Head Of Business Development at Sucor Sekuritas Bernadus Setya Ananda Wijaya, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Sabtu (11/5).

Selain itu, menurut Bernad, gaya pertemanan ala milenial lebih mahal ketimbang generasi sebelumnya. Sebab, mereka hidup dengan gengsi dan berpatokan pada orang lain. Lalu, kebiasaan travelling juga kerap menghabiskan biaya yang tak sedikit.

(Baca: Sukuk Tabungan ST-004, Imbalannya Lebih Tinggi dari Deposito)

Kebiasaan-kebiasaan itu, menurut Bernad harus dibatasi jika milenial ingin berinvestasi, terutama dalam instrumen saham. Menurutnya, milenial yang bekerja harus memiliki target finansial yang jelas dengan memanfaatkan kemampuannya.

Kedua, Mencukupi diri sendiri. Untuk memiliki dana investasi diperlukan rencana keuangan. "Misalnya, kalau gaji masih kecil, tempat tinggal yang sederhana dulu," kata dia.

Menurutnya, saat ini adalah waktu yang terbaik untuk berinvestasi. Karena, hasilnya akan diarasakan untuk jangka panjang. Apalagi, investasi saham dapat dimulai dengan modal yang kecil.

(Baca: Pendiri Chic & Darling Ingatkan Pentingnya Investasi Bagi Pebisnis)

Selanjutnya, apabila sudah memutuskan untuk menabung saham, generasi milenial harus mengenali resiko setiap jenis saham yang diambil. Jangan pernah mempercayai investasi dari perusahaan yang tidak memiliki reputasi.

Perusahaan harus diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Harus diawasi dengan OJK, harus tahu perusahaan punya reputasi dan track record yang sangat baik," ujar Bernad.

Apa Reaksi Anda ?

Love
0%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

188 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Randy Hermawan 14 September 2019 | 13:44:22

buat anak mudah yang ingin belajar menanam saham ini tips

938 19 May 2019 | 15:02:20

menabubg di zaman sekarang ini bagus

Muhammad Ihsan 18 May 2019 | 12:45:49

tips yang sangat bermanfaat mantul

Jihan Musofa 18 May 2019 | 09:14:15

menabung di zamann sekarang ini baguss

anang ade 17 May 2019 | 23:51:23

jadi gini cara menanam saham untuk anak muda

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top